Cara Ganti Oli Motor

Posted on

Cara Ganti Oli Motor – Oli dalam mesin sepeda motor seperti layaknya sirkulasi darah dalam tubuh manusia. Cairan ini memiliki fungsi untuk dapat melumasi komponen bergerak dan sekaligus membersihkan dari sisa kotoran.

Maka dari itu, dalam mengganti oli jangan sampai terlambat, hal demikian dikarenakan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Dalam ganti oli menurut buku panduan pemilik umumnya dilakukan setiap 4.000 kilometer atau bahkan kurang dari jarak tersebut.

Dan tidak sulit kok bila kalian ingin ganti oli sendiri di rumah. Adapun alanya juga mudah dicari, hanya perlu menyiapkan tang, kunci sok 17 dan baskom untuk menampung oli.

Cara Ganti Oli Motor

Lalu kapan enaknya oli ini dikeluarkan dari perut mesin? Apakah harus diendapkan semalaman dahulu baru dikeluarkan?

Itu semua tergantung dari kebiasaan masing-masing, namun sebenarnya tidak perlu harus diendapkan semalam juga kok.

Bila dalam mengganti oli yang ideal itu saat kondisi mesin masih hangat, namun hindari ganti oli saat mesin masih panas setelah motor baru digunakan.

Ganti oli sebenarnya bagus hangat kuku, jadi setelah motor dipakai biarkan sebentar sampai mesin hangat. Kondisi oli masih encer jadi lebih cepat turunnya.

Dan mengapa dalam hal ini sebaiknya tidak mengganti oli saat mesin masih panas ialah agar drat baut tidak slek. Saat suhu mesin panas, material besi seperti lebih empuk karena pemuaian sehingga baut oli yang biasanya keras dibuka malah rentan dol.

Pada saat mesin sudah hangat, pemilik motor bisa membuka baut dengan kunci 17 berlawanan arah jarum jam.

Untuk posisi baut pembuangan ini beda-beda di tiap motor, ada yang di kolong dan ada yang disamping bawah, itu bisa dicek di buku panduan pemilik bila bingung.

Namun demikian jangan lupa membuka tutup oli mesin yang sebelah atas ketika oli lama sedang dibuang, tujuannya supaya ada sirkulasi udara sehingga oli turun lebih cepat.

Ganti Oli Di Pagi Hari

Mengganti oli juga bisa dilakukan saat pagi hari, sebelum motor digunakan beraktivitas. Di waktu ini, oli sudah terkumpul turun dibak karter setelah semalaman motor diparkir.

Kondisi mesin juga masih dingin sehingga mudah saat membuka baut pembuangan. Namun demikian waktu pagi haris ternyata memiliki kelemahan yakni oli yang sudah mengental. Dikhawatirkan masih ada sisa oli yang mengendap di bak karter dan tidak terbuang.

Ganti oli pagi hari waktu mesin masih dingin juga bagus tapi pembuangan oli jadi tidak maksimal, masih ada sedikit sisa.

Oli memang terkumpul dibak bawah tapi karena suhu dingin jadi mengental, kadang perlu disemprot kompresor agar terbuang semua, dikhawatirkan oli baru bisa tercampur oli lama yang masih mengendap.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Ganti Oli Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂