20 Cara Ganti Kampas Rem Motor Depan Dan Belakang

Posted on

Cara Ganti Kampas Rem Motor – Nah dalam hal ini komponen pengereman memang sangat penting untuk menjaga keamanan ketika berkendara. Dalam kegunaan utama rem motor ialah melambatkan laju roda sampai dengan nantinya berhenti sempurna.

Seperti yang kita tahu ada 2 jenis-jenis rem yang digunakan pada motor yakni tromol dan juga cakram. Setiap motor akan memiliki kombinasi jenis rem depan serta belakang berbeda yang sudah didesain dari pabrikannya.

Kampas rem memang akan aus dan terkikis seiring penggunaan secara terus menerus. Oleh karena itu cara ganti kampas rem motor harus segera dilakukan untuk mengembalikan fungsi pengereman seperti semula.

Semisal ketikka kalian mengalami Piston Rem Cakram Tidak Kembali ataupun sudah berbunyi keras maka tandanya harus segera dig anti.

Cara mengganti kampas rem tromol sepeda motor akan memiliki perbedaan dengan jenis cakram. Meski fungsinya sama namun untuk cara kerja maupun bentuknya sedikit berbeda.

Dan biasanya rem depan menggunakan cakram, sedangkan belakang memakai tromol. Namun ada pula yang keduanya memakai cakram, umumnya dijumpai pada motor bebek ataupun sport. Ketika kampas rem tidak dig anti akibatnya bisa fatal mulai dari kecelakaan sampai kerusakan komponen lainnya.

Dalam mengganti kampas rem pada dasarnya dapat dilakukan sendiri ataupun oleh teknisi bengkel. Namun sebagian orang lebih memilih menggantinya sendiri karena bisa menghemat pengeluaran tanpa perlu membayar montir. Untuk bisa menggantinya memang diperlukan beberapa jenis alat yang tentunya mudah ditemukan.

Cara mengganti kampas rem depan motor matic akan sedikit berbeda dengan sport. Hal tersebut karena mayoritas matic menggunakan rem tromol di bagian belakangnya, sedangkan jenis sport memakai cakram. Supaya tidak bingung kami sudah merangkum penjelasan bagaimana cara ganti kampas rem motor tersebut.

Alat Dan Bahan Mengganti Kampas Rem Motor

Sebelum ganti kampas rem kalian perlu mempersiapkan alat serta bahannya. Pada dasarnya dengan alat yang tepat maka kalian akan lebih mudah ganti kampas tanpa perlu memakan waktu lama. Kalian akan membutuhkan kunci ukuran tertentu sesuai dengan tipe motor yang akan diganti kampasnya.

Baca Juga :  Cara Bayar E-Tilang Agar Tidak Bingung

Namun tenang karena kunci-kunci bisa ditemukan dan dibeli secara mudah lewat toko spare part. Demikian pula dengan spare part kampas rem, usahakan membeli yang original supaya lebih awet dan tahan lama, sedangkan untuk alat-alat lain yang dibutuhkan kurang lebihnya sebagai berikut.

  • Kunci L/hexagonal wrench yang memiliki sisi 6
  • Kunci pas/ring
  • Tang
  • Obeng(sesuaikan mata baut)
  • Lap
  • Kuas untuk membersihkan, bisa juga memakai kompresor
  • Kampas rem cakram ataupun tromol sesuai kebutuhan motor kalian
  • Wadah baut agar tidak mudah hilang

Cara Ganti Kampas Rem Motor Depan

Cara ganti kampas rem motor depan dimana mayoritas menggunakan cakram. Saat ini memang cukup jarang penggunaan rem depan tromol, kecuali pada seri lawas.

Untuk bisa mengganti cakram depan maka kalian perlu depan hati-hati melepaskan bautnya. Agar tidak bingung simak cara di bawah ini.

  • Silakan mulai dengan melepaskan satu per satu baut yang terdapat di bagian bracket pengeremannya menggunakan kunci L sisi 6. Jumlah bautnya memang bervariasi, fungsinya untuk menghubungkan antara kaliper dan juga suspensi depan. Sesudah bautnya terlepas simpan pada wadah ataupun tempat supaya tidak mudah hilang.
  • Berikutnya kalian tinggal melepaskan baut penahan kaliper rem.
  • Setelahnya kalian tinggal lepaskan bagian kaliper sampai dengan kampasnya bisa diambil. Lepaskan juga bagian penjepitnya
  • Berikutnya tinggal bersihkan memakai lap, kompresor ataupun kuas sampai semua debu serta kotorannya terbuang
  • Lanjutkan mempersiapkan kampas rem baru, setelahnya dorong dulu piston pada kalipernya supaya memudahkan saat pemasangan.
  • Mulai memasang kampas rem satu satu bersamaan pemasangan baut penyangganya
  • Pastikan kampas rem terpasang rapi ke kaliper dan bautnya bisa masuk. Jika sudah tinggal pasang kaliper ke bagian suspensi depan lalu kencangkan bautnya
Baca Juga :  Cara Mencuci Busa Filter Udara Pada Motor

Cara Ganti Kampas Rem Motor Belakang

Harga kampas rem belakang ataupun motor lainnya cenderung murah sehingga kalian tidak perlu khawatir saat akan membelinya. Di samping itu ketika sudah ganti kampas rem berkendara akan jauh lebih nyaman dan juga aman.

Dalam cara ganti kampas rem motor belakang memang saat ini kebanyakan memakai jenis tromol. Pada dasarnya cara mengganti kampas rem belakang sedikit lebih panjang karena harus membongkar ban. Supaya tidak bingung ikuti caranya sebagai berikut.

  • Gunakan standar tengah supaya mudah ganti kampas rem belakang. Lepaskan baut kaliper rem belakang memakai kunci L
  • Lanjutkan dengan membuka baut bracket pengereman belakang memakai kunci
  • Selanjutnya baru buka baut as roda memakai ring 17 secara berhati hati
  • Cara berikutnya lepaskan bautnya kemudian melepas roda maka muncul kampas rem tromolnya
  • Lepaskan rem tromol, bisa dibantu memakai obeng. Berikutnya bersihkan semua bagian panel remnya supaya tidak ada debu dan kotoran tersisa.
  • Sesudah dibersihkan maka kamu bisa memasang kampas rem motor batu ke dalam dudukannya. Kamu bisa menambahkan grease untuk menghilangkan suara decitan
  • Sesudahnya pasang kembali bagian as roda dan kencangkan bautnya.
  • Terakhir pasang kembali bracket rem kemudian kalipernya secara benar.

Akhir Kata:

Memang cara ganti kampas rem motor dapat dilakukan dengan mudah karena alatnya simple dan hanya membongkar beberapa jenis baut saja. Untuk rem depan cakram biasanya sedikit lebih hati-hati supaya tidak merusak kalipernya.

Sedangkan untuk ganti rem belakang pastikan setelannya pas agar roda bisa berjalan dengan baik. Sekian penjelasan dari kami sekiranya memudahkan kalian yang ingin ganti kampas sendiri.