√ Wajib Diketahui !! Inilah Cara Dan Biaya Mutasi Motor,, Yuk Simak

Posted on

Biaya Mutasi Motor – Pada saat membeli motor bekas, sebagai pemilik yang baru kalian perlu melakukan balik nama. Dan dalam proses balik nama, kalian akan diminta untuk mendatangi kantor SAMSAT tempat BPKB diterbitkan untuk cabut berkas dan selanjutnya membuat STNK baru di SAMSAT tujuan serta membuat BPKB baru.

Wajib Diketahui !! Inilah Cara Dan Biaya Mutasi Motor,, Yuk Simak

Pertanyaan lantas bagaimana cara mutasi motor dan berapa sih uang yang dikeluarkan untuk membayar biaya mutasi motor ?? Nah kalau begitu kita cek saja yuk ulasan selengkapnya dibawah ini.

Dokumen Yang Harus Dibawa Pada Saat Pencabutan Berkas STNK “Mutasi”

Dalam hal ini tidak perlu calo untuk melakukan mutasi motor, pasalnya berkas yang disiapkan pun tidak begitu banyak. Nah berikut beberapa dokumen yang wajib kalian persiapkan untuk pencabutan berkas STNK diantaranya yaitu:

  • BPKB asli serta fotokopi.
  • Ktp asli pemilik motor yang baru serta fotokopi.
  • STNK asli dan fotokopi.
  • Faktur/ Form A asli dan fotokopi.
  • Kwitansi kosong lengkap dengan tanda tangan penjual.
  • Kwitansi asli bukti pembayaran motor yang dibeli dan ditandatangani penjual serta dibubuhi materai Rp 6000, lengkap dengan fotokopinya.

Setelah berkas siap, sekarang ikuti langkah-langkah mutasi motor dan siapkan biaya yang dibutuhkan sesuai panduan di bawah ini.

Langkah- Langkah Dan Biaya Mutasi Motor

Adapun langkah-langkah dan biaya mutasi motor yang diantaranya yaitu:

Baca Juga :  11 Tips & Cara Termudah Merawat Motor Di Musim Hujan

Dengan Mendatangi SAMSAT Daerah BPKB Diterbitkan

Langkah pertama yang wajib kalian lakukan pas lakukan mutasi motor ialah dengan berkunjung ke kantor SAMSAT daerah BPKB diterbitkan. Sesampainya di sana, kalian wajib dengan lakukan sebagian hal, di antaranya yaitu:

  • Kalian mampu segera menuju ke loket mutasi untuk menyerahkan KTP dan BPKB kepada petugas
  • Dan selanjutnya cek fisik kendaraan. Biasanya loket cek fisik udah dibuka sejak 7.30 WIB. Tak perlu lama lakukan proses cek fisik ini, hanya saja misalnya antrean sedang panjang, maka makin lama lama pula pas yang dibutuhkan. Oleh karena itu, datanglah lebih pagi. Setelah petugas lakukan cek fisik, anda akan terima hasil gesekan nomor rangka dan nomor mesin. Sampai bagian ini kalian tak wajib mengeluarkan sejumlah uang.
  • Kemudian kalian serahkan dokumen yang udah dipersiapkan, lengkap dengan hasil cek fisik ke petugas mutasi di loket. Sekali lagi, petugas akan lakukan pemeriksaan sebelum saat melegalisir dan memberi tambahan cap di berkas-berkas tersebut. Setelah dilegalisir, berkas-berkasmu akan dikembalikan.
  • Lalu tunggu sebagian pas sampai nama anda dipanggil. Setelahnya kalian akan diantar ke loket cek fiskal. Ambil formulir (gratis) dan lakukan pengisian. Tunggu kembali sampai namamu dipanggil.
  • Nah dari loket cek fiskal, kalian akan dipandu menuju kasir manfaat lakukan pembayaran ongkos sekaligus misalnya ada pajak yang tertunda. Adapun kuantitas ongkos mutasi motor yang wajib kalian bayar yakni Rp150.000.
  • Dan selanjutnya, kalian akan diarahkan kembali ke bagian mutasi. Mintalah formulir mutasi sekaligus balik nama. Di pas yang sama, petugas akan berharap seluruh berkas yang udah dilegalisir. Setelah berkas disetujui oleh petugas, kalkian tinggal isi formulirnya. Bila pada pas pengisian formulir kalian mengalami kebingungan, tenang umumnya di loket tersebut udah disajikan contohnya. Selesai isi formulir dengan benar, petugas akan menyerahkan kwitansi pembayaran pendaftaran mutasi. Simpan dengan baik kwitansinya karena kalian memerlukannya pas pengambilan berkas. Jadwal pengambilan berkas umumnya berkisar 5-7 hari setelahnya.
  • Di hari yang udah ditentukan, kalian udah mampu mengambil berkas. Jangan lupa siapkan kwitansinya, ya. Kalian mampu segera pergi ke daerah pelayanan mutasi dan serahkan kwitansinya. Tunggu sebagian saat. Setelah nama kalian dipanggil, berkas akan diserahkan. Setelah urusan selesai, kalian akan diarahkan ke loket fiskal untuk diberi isyarat terima dan membayar ongkos administrasi sebesar Rp10.000.
Baca Juga :  √ [100% Mudah] Cara Menyetel Klep Satria Fu "Untuk Perlu Diketahui"

Dengan Mendatangi Samsat Obyek Mutasi

Setelah menyelesaikan seluruh urusan di SAMSAT daerah pelat diterbitkan, kalian mampu mendatangi kantor SAMSAT obyek mutasi untuk lakukan sebagian perihal berikut:

  • Datangi loket cek fisik untuk melegalisir seluruh berkas berasal dari kantor SAMSAT sebelumnya.
  • Setelah selesai dilegalisir, bawa ke kios fotokopi untuk menggandakan berkas legalisir cek fisik dan kuitansi pembelian. Kurang lebih kalian wajib mengeluarkan Rp8.500 untuk fotokopi.
  • Bawa seluruh berkas tersebut ke loket berkas mutasi dengan BPKB asli. Setelah kelengkapan berkas diperiksa, BKPB asli akan dikembalikan dengan lembaran kertas isyarat pembayaran STNK. Kemudian kalian akan diminta kembali setelah 1-2 hari.
  • Di lantas hari, berkunjung ke loket mutasi dan serahkan isyarat bukti pembayaran STNK. Setelah dipanggil, jangan lupa siapkan sejumlah uang yang wajib dibayarkan sesuai dengan nominal yang tercantum di kolom STNK. Adapun perincian biayanya adalah sebagai berikut:
    – BBN KB = 2/3 berasal dari Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
    – PKB = 1,5% berasal dari Nilai Jual Kendaraan Bermotor
    – Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWBKLLL) = Rp35.000
  • Proses selanjutnya adalah sebabkan BPKB baru atas nama sendiri di Polda setempat. Siapkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti:
    – Salinan STNK baru
    – Fotokopi dan dokumen asli BPKB
    – Fotokopi KTP
    – Fotokopi legalisir cek fisik
    – Fotokopi kwitansi pembelian motor
  • Biaya penerbitan rubah kepemilikan sepeda motor yakni Rp225.000. Setelah memperoleh isyarat terima pengambilan BPKB, datanglah di hari yang ditentukan dengan membawa isyarat terima dan fotokopi KTP. Bila seluruh information cocok, kalian udah mampu terima BKPB baru.

Demikianlah pembahasan mengenai Wajib Diketahui !! Inilah Cara Dan Biaya Mutasi Motor,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂