Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Posted on

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor – Nah bagi pecinta sepeda motor, tentu mengendarai sepeda motor menjadi yang sangat menyenangkan. Meski demikian perlu diketahui bahwa mengendarai sepeda motor lebih berisiko dibandingkan dengan mengendarai mobil.

Untuk itu dalam mengendarai sepeda motor diperlukan keahlian khusus yang perlu dimiliki setiap pengendara agar tercipta keamanan dan keselamatan dalam berkendara.

Tahukah kalian apa itu kecelakaan tunggal? Kecelakaan tunggal ialah suatu kejadian yang sering sekali terjadi khususnya di Indonesia. Dan biasanya kecelakaan ini melibatkan pengendara sepeda motor yang disebabkan hilang kendali dan tidak terjaganya keseimbangan sehingga terjadilah kecelakaan tunggal ini.

Maka untuk itu bagi pengendara sepeda motor, penting bagi kalian memahami apa itu safety riding. Pada pembahasan kali ini akan kami bahas tuntas tentang cara belajar keseimbangan naik motor agar tidak hilang kendari, namun sebelumnya marik disimak penjelasan berikut ini.

Hilang kendali pada saat berkendara sepeda motor ialah suatu hal yang sangat berbahaya sekali. Tahukah kalian bahwa hilang kendali saat berkendara maka akan dapat membahayakan bukan hanya diri kalian sendiri saja melainkan pengendara lainnya.

Hilang kendali biasa disebabkan karena pengendara hilang keseimbangan, dimana pengendara gagal dalam menyeimbangkan posisi tubuh dengan motor sehingga terjadilah hilang kendali. Ada banyak hal sebenarnya yang menyebabkan pengendara hilang kendali. Nah berikut ini penyebab motor yang hilang kendali diantaranya yaitu:

  • Melaju dengan kecepatan tinggi tentu akan menyulitkan kalian menjaga keseimbangan.
  • Tidak tahu kondisi jalan tersebut.
  • Hilangnya konsentrasi.

Setelah mengetahui penyebab motor hilang kendali tentu kalian bisa lebih berhati-hati dalam berkendara.

Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor

Nah berikut ini merupakan bagaimana cara belajar keseimbangan naik motor agar tidak hilang kendali yaitu:

Lintasan

Ada beberapa yang mempengaruhi keseimbangan pengendara, salah satunya lintasan. Maksudnya setiap pengendara harus memperhatikan lintasan di sekitarnya, mana saja yang menyebabkan potensi bahaya. Jangan pupa perhatikan juga rambu-rambu lalu lintas ya.

Kecepatan

Pengendara harus memperhatikan kecepatan motornya. Jangan terlalu cepat, tapi juga jangan terlalu pelan, pastikan kecepatannya sesuai dengan peraturan.

Posisi Tubuh Atau Posisi Duduk

Posisi berkendara harus ergonomis dengan memperhatikan posisi tangan dan kaki. Harus dinamis juga agar pengendara bisa leluasa menyeimbangkan posisinya bila terdapat gangguan keseimbangan.

Periksa Kondisi Motor Sebelum Berkendara

Perlu kalian ketahui bahwa pentingnya untuk selalu memeriksa kendaraan sepeda motor kalian secara berkala sebelum berkendara. Selain untuk merawat kendaraan sepeda motor kalian, memeriksa kondisi motor secara berkala dapat menjaga keamanan kalian dalam berkendara.

Beberapa orang mungkin meremehkan hal ini padahal memeriksa kondisi sepeda motor sebelum berkendara bukanlah hal yang merugikan justru keselamatan kalian dalam berkendara dapat terjaga. Bagaimanapun kondisi motor yang baik akan lebih mudah dikendalikan.

Berkendara Dengan Kondisi Fit

Banyak kecelakaan yang disebabkan karena kelelahan, itu sebabnya mengapa kalian tidak diperbolehkan berkendara dalam kondisi tubuh yang tidak fit. Jika kalian berkendara dengan kondisi tubuh yang tidak fit maka akan mengganggu performa kalian dalam berkendara.

Akibatnya kalian akan kehilangan konsentrasi berkendara.  Jika kalian merasa lelah maka sebaiknya istirahatkan tubuh kalian sejenak, kemudian kalian bisa melanjutkan kembali perjalanan jika sudah merasa lebih baik. Dengan demikian maka konsentrasi kalian dalam berkendara bisa lebih terarah.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Belajar Keseimbangan Naik Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂