√ Yuk Simak,, Cara Aman Berkendara Di Jalan Turunan Dan Berkelok

Posted on

Cara Aman Berkendara Di Turunan – Siapa dari kalian yang belum lancar mengendarai motor ?? Hayoo ngaku aja deh,, hehehe, seperti yang sudah kita ketahui bersama, mengendarai sepeda motor bukanlah perkara yang sulit  untuk dilakukan.

Hanya butuh kecakapan dalam mengatur keseimbangan tubuh, mematuhi rambu lalu lintas serta kemampuan berkonsentrasi dengan baik.

Yuk Simak,, Cara Aman Berkendara Di Jalan Turunan Dan Berkelok

Namun beda halnya ketika kalian berkendara di jalanan yang memiliki turunan tajan dan berkelok-kelok, jika kalian menghadapi jenis jalanan yang seperti ini, ada beberapa keahlian yang harus dimiliki agar bisa menaklukkannya.

Kalian juga memerlukan insting yang tinggi agar tetap nyaman saat mengendalikan motor melewati jalanan yang ada turunan tajam serta berkelok tersebut. Nah apabila salah satu dari kalian selama ini masih kurang pede atau masih sering khawatir bagaimana cara menaklukkan jalanan seperti itu.

Ada baiknya jika kalian menyimak ulasan berikut ini. Karena kali ini kami bakal memberikan informasi atau tips bagaimana cara aman berkendara di turunan curam atau berkelok, yuk simak langsung ulasan selengkapnya dibawah ini.

Dengan Pastikan Motor Dalam Kondisi Sehat Atau Prima

Cara aman berkendara di turunan dan berkelok yang pertama ialah dengan melakukan langkah persiapan. Adapun persiapan yang harus banget kalian lakukan ialah dengan mamastikan motor kalian dalam keadaan sehat.

Komponen utama yang harus kalian pastikan “dalam keadaan sehat” ialah bagian mesin serta sistem pengereman pada motor kalian mesti maksimal. Pada saat akan melewati jalanan yang memiliki turunan curam dan berkelok.

Baca Juga :  √ 5 Penyebab Motor Supra Susah Masuk Gigi Serta Cara Mengatasinya,, Yuk Simak

Sistem pengereman ialah piranti yang sangat kita butuhkan. Karena melakukan pengereman di jalanan normal tentu akan berbeda pada saat melakukan pengereman di jalan turunan dan berkelok. Untuk itu kalian perlu memastikan komponen ini dalam kondisi yang prima demi keselamatan perjalan kalian.

Siagakan Jari Pada Handle Rem

Cara aman berkendara di turunan dan berkelok selanjutnya ialah bersiaga dengan memposisikan jari-jari kalian pada handle rem depan dan bersiaga mengerem belakang untuk menjaga keseimbangan.

Cara Aman Berkendara Di Jalan Turunan

Hal ini sangat diperlukan pada saat kalian akan melewati turunan curam dan berkelok. Gunakan kombinasi rem depan dan belakang pada saat ada gangguan mendadak di depan.

Sedangkan pada saat mengontrol laju motor, tariklah sedikit tuas rem depan untuk menahan laju motor. Dan apabila turunan terlalu panjang dan curam usahakan untuk berhenti sejenak disisi jalan untuk mendinginkan mesin dan rem.

Dengan Menggunakan Engine Break

Cara yang terakhir ialah pada saat turunan jangan sampai RPM motor mengalami idle. Hal ini dikarenakan jika motor matic sampai mengalami idle, maka engine brake motor akan nanggung dan akan mengalami nge-los.

Dengan sedikit menahan gas, kalian juga bisa menahan engine brake untuk tetap ada, sehingga kinerja rem juga bisa lebih responsif. Untuk motor transmisi manual akan sedikit berbeda, caranya dengan mengoper gigi ke posisi lebih rendah secara bertahap dengan dibantu rem depan dan belakang.

Dan apabila motor dipaksakan saat melaju kencang kemudian downshift ke gigi 1, dikhawatirkan kanvas kopling bakal lebih cepat aus atau istilahnya kanvas kopling terbakar. Memposisikan gear ke posisi N atau netral sangat tidak dianjurkan, sebab seluruh beban motor tidak akan tertahan dan akan mempercepat laju motor.

Baca Juga :  Jarak Pengereman Yang Aman Bagi Pemotor

Dan apabila turunan terlalu panjang dan curam usahakan untuk berhenti sejenak disisi jalan untuk mendinginkan mesin dan rem. Nah sekarang jadi ngerti kan cara aman berkendara di turunan dan berkelok ??

Demikianlah pembahasan mengenai Yuk Simak,, Cara Aman Berkendara Di Jalan Turunan Dan Berkelok semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂