Buku Servis Honda Vario 125 : Fungsi, Jadwal Dan Cara Pakainya

Posted on

Buku Servis Honda Vario 125 – PT. Astra Honda Motor atau yang lebih dikenal dengan AHM kini memiliki cukup banyak produk sepeda motor dari berbagai tipe yang dapat kita pilih ketika ingin membeli motor baru, mulai dari tipe matic, bebek, sport hingga super sport.

Dari banyaknya tipe motor matic Honda bisa dibilang memiliki jumlah peminat paling tinggi. Tidak heran apabila pabrikan asal Jepang ini terus mengembangkan dan menghadirkan produk baru dari kelas ini.

Dari banyak mode yang ada Honda Vario 125 mungkin bisa dibilang salah satu produk paling laris setelah Honda BeAT. Dimana setiap kali ada masyarakat yang melakukan pembelian, setidaknya buka hanya motor dan bonus yang akan mereka dapat.

Tetapi juga mereka akan mendapatkan buku panduan dan buku servis Honda Vario 125. Dimana kedua buku tersebut merupakan buku penting untuk dibaca setiap pemilik baru, meskipun terkadang memang tidak sedikit yang sama sekali tidak membukanya.

Nah bicara tentang buku servis Honda Vario 125, apa sih isi dari buku tersebut, fungsi dan juga untuk apa buku tersebut? Untuk kalian yang penasaran dan ingin mengetahui detail lengkapnya, silahkan simak penjelasan lengkap dibawah ini.

Tentang Buku Servis Honda Vario 125

Meski terkadang buku servis motor baru termasuk Honda Vario 125 tidak banyak dibuka dan dibaca para pemiliknya. Namun perlu kalian ketahui bahwa buku ini merupakan salah satu buku penting yang mungkin bagi sebagian besar orang sangat berharga.

Apalagi bagi para pemilik yang baru pertama kali melakukan pembelian tentu melihat panduan servis didalam buku tersebut menjadi hal perlu dilakukan. Dengan begitu nantinya kalian bisa tahu kapan jadwal servis pertama Honda Vario 125.

Selain itu, tidak hanya digunakan untuk melihat jadwal servis yang perlu dilakukan. Sama halnya dengan buku servis Honda BeAT yang sebelumnya sudah kami sampaikan, buku ini juga memiliki beberapa kegunaan yang perlu kalian pahami.

Untuk itu di bawah ini akan kami jelaskan secara lengkap apa saja fungsi yang dimiliki buku servis serta penjelasan mengenai jatah servis dan juga jadwal servis yang diberikan PT. Astra Honda Motor kepada para pembeli Honda Vario 125.

Fungsi Buku Service Vario 125

Pertama, mari kita bahas tentang fungsi buku service Honda Vario 125. Secara garis besar fungsi utama dari buku ini yakni sebagai panduan bagi para pemilik baru dan juga sebagai catatan / pengingat bagi pemilik.

Terutama untuk mengingatkan perawatan rutin perlu dilakukan pada Honda Vario 125 baru yang sudah digunakan. Tujuannya jelas untuk dapat membuat performa motor tetap stabil dan tidak ada masalah berdampak buruk pada penggunaan.

Selain itu, di dalam buku servis ini juga terdapat beberapa informasi penting tentang apa saja yang akan dilakukan mekanik di AHASS (bengkel resmi motor Honda) pada servis yang dilakukan. Dengan begitu setidaknya semua bagian motor yang perlu diperhatikan akan dilihat oleh mekanik.

Jika ada kerusakan / perlu perbaikan setidaknya mereka akan tahu dan dapat dilakukan perbaikan. Selain itu kalian pun akan dapat mengetahuinya dari catatan yang disematkan petugas pada buku servis tersebut.

Dan menariknya dalam buku servis Honda Vario 125 ini juga dicantumkan bahwa setiap pemilik baru akan mendapatkan promo gratis service dan ganti oli. Namun apakah itu berlaku selamanya? Nah untuk mengetahui jawabannya silahkan lihat penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Baca Juga :  7 Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Kinclong Dan Tidak Berisik

Jatah Servis Gratis Vario 125

Sebagai salah satu perusahan besar, jelas PT. Astra Honda Motor atau AHM ingin terus memberikan pengalaman terbaik kepada setiap konsumen di Indonesia ketika memilih motor buatan mereka sebagai pilihannya, termasuk disini adalah Honda Vario 125.

Untuk itu, salah satu hal kecil yang selama ini sudah diberikan adalah jatah servis dan oli mesin gratis. Namun perlu diingat setiap jenis model / tipe motor akan mendapatkan jatah service dan oli gratis yang berbeda-beda. Pertanyaannya lantas berapa jatah service & oli gratis Honda Vario 125 ini?.

Melihat langsung dari buku servis Honda Vario 125, di sana terlihat bahwa setidaknya buat para pemilik baru akan mendapatkan jatah 4 kali servis dan 1x oli mesin gratis yang diperoleh di service pertama.

Jadwal Servis Vario 125

Lalu kapan servis gratis itu harus dilakukan dan apakah jika tidak dilakukan jatah akan hangus?

Bicara tentang kapan servis harus dilakukan, seperti sudah kami sampaikan pada penjelasan fungsi buku servis di atas. Pemilik Honda Vario 125 baru akan mendapatkan jadwal service yang sudah ditentukan oleh pihak AHM dan hanya bisa dilakukan di AHASS sebagai bengkel resminya.

Dan bila kita lihat pada buku tersebut, berikut adalah jadwal yang harus kalian ikuti.

Dari tabel jadwal di atas, setidaknya jadwal diberikan oleh pihak AHM untuk Vario 125 sama seperti jadwal service pada motor Honda BeAT dan motor matic lainnya. Namun perlu diingat bahwa pelaksanaan service akan melihat mana yang lebih dulu dicapai baik kilometer ataupun bulan.

Nah terkait hangus atau tidaknya jatah service apabila kita melewatinya, dari pengalaman pribadi apabila jatah tersebut tidak kalian gunakan. Maka jatah akan dianggap hangus dan tidak bisa digunakan lagi.

Baca Juga :  Cara Merawat Motor Lama Agar Selalu Prima Dan Awet

Cara Pakai Buku Service Honda Vario 125

Setelah mengetahui apa saja hal yang sekiranya perlu untuk dipahami terkait buku service Honda Vario 125 seperti di atas disampaikan. Berikut adalah panduan cara menggunakan / cara pakai buku servis tersebut.

  • Pertama silahkan pastikan bahwa jadwal service sudah
  • Kunjungi bengkel resmi AHASS terdekat di sekitar kalian.
  • Temuti bagian pendaftaran dan katakan bahwa kalian ingin melakukan service di ikuti dengan menyerahkan buku service.
  • Nantinya petugas akan memeriksa apakan kalian dapat menggunakan jatah gratis tersebut atau tidak.
  • Jika dianggap masih dapat, maka kalian akan disuruh menunggu untuk giliran.
  • Dan setelah selesai, maka petugas akan mengembalikan buku servis yang telah diisi dengan beberapa info seperti perbaikan / pengecekan dilakukan montir serta pengambilan kupon jatah servis yang telah digunakan.

PENTING!

Apabila buku servis tersebut hilang atau bahkan rusak karena berbagai macam alasan, kalian bisa mendownload file buku service digital sebagai panduan / pengingat.

Akhir Kata:

Nah itulah kiranya penjelasan yang dapat disampaikan tentang buku service Honda Vario 125 serta jatah dan jadwal service gratis yang perlu kalian ketahui. Semoga apa yang sudah kami sampaikan bisa bermanfaat dan membantu. 🙂 🙂