Biaya Perbaikan Speedometer Motor

Posted on

Biaya Perbaikan Speedometer Motor – Dalam hal iinii speedometer motor sebenarnya menjadi salah satu fitur keselamatan bagi pengendara. Alat ini menjadi patokan penunjuk kecepatan, yang biasanya oleh pabrikan sengaja dii set sedikit lebih cepat ketimbang kecepatan sesungguhnya.

Dan sayangnya banyak dari pengendara motor cuek saat speedometer motor rusak atau bahkan dibiarkan mati.

Mereka beranggapan kalau memperbaiki speedometer itu mahal dan merepotkan. Padahal perbaiikan speedometer motor rusak bisa dilakukan sendiri di rumah dan lebih mudah ketimbang bongkar kampas rem. Harga suku cadangnya pun juga murah dan tahan lama.

Ciri Speedometer Motor Rusak

Adapun ciri speedometer motor rusak sangat mudah diketahui. Dan biasanya kerusakan speedometer terlihat dari jarum speedometer yang bergetar dan agak lambat bergerak saat kecepatan motor terus bertambah.

Saat melihat jarum speedometer seperti ini, bisa kalian melakukan pengecekan speedometer motor kalian tersebut.

Dan paling keliatan itu dari jarum speedometer, kalau lagi jalan dari pelan dan kecepatan naik, jarum bergetar gitu gerakannya.

Lama kelamaan kalau sudah rusak rangkaian kabel dan gigi nanas speedometernya itu jarum nggak jalan.

Untuk speedometer yang mengambil jalur di roda depan ini memperbaikinya sangat mudah. Dan biasanya motor umur dua tahunan ke atas mulai kelihatan tanda-tanda kerusakan speedometer.

Pengecekan kerusakan speedometer ini perlu membongkar roda depan untuk melihat kondisi keausan gigi nanas dan putaran kabel sling.

Penyebab kerusakan ini paling sering pada kawat sling serta bagian gigi nanas (gearbox) di poros roda, biasanya salah satu atau dua bagian ini aus. Dan biasanya, gihi nanas lebih cepat aus karena sering luput dari perawatan dan pelumasan.

Estimasi Biaya Perbaiki Speedometer Motor Rusak

Perbaikan speedometer motor yang rusak bisa kalian lakukan sendiri di rumah, dan tidak usah khawatir, harga suku cadangnya murah kok untuk produk genuine atau asli.

Disarankan dalam membeli komponen asli agar tahan lama karena selisih harga dengan produk KW atau imitasi tidaklah besar.

Untuk gigi nanas kisaran harganya 25-35 ribu dan harga kabelnya sekitar 20-35 ribu, tergantung jenis motornya.

Kalau versi KW bedanya sekitar Rp 5-10 ribu. Kadang untuk barang asli bisa saling substitusi dari merek atau model lain asal panjang kabel slingnya dan ukuran gigi nanasnya sama.

Demikianlah pembahasan mengenai Biaya Perbaikan Speedometer Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂

4.9/5 - (176 votes)