11 Ban Motor Tubeless Paling Awet

Posted on

Ban Motor Tubeless Paling Awet – Dalam hal ini Ban pneumatic diisi dengan udara bertekanan yang digunakan pada kendaraan. Ban ialah salah satu bagian dari kendaraan yang berhubungan langsung dengan permukaan jalan.

Ban dipasangkan pada pelek sebelum dipergunakan pada kendaraan, maka oleh karena itu ban dan pelek saling berhubungan.

Fungsi Ban

Ban sendiri memiliki fungsi diantaranya yaitu:

  • Menahan seluruh berat kendaraan.
  • Ban berhubungan dengan permukaan jalan sehingga ban dapat memindahkan gaya gerak, gaya pengereman kendaraan di jalan dan mengontrol mulai jalan, akselerasi, deselerasi, pengereman dna berbelok.
  • Mengurangi kekuatan yang disebabkan oleh permukaan jalan yang tidak beraturan.
  • Memberikan kenyamanan dalam berkendara.

Ban Motor Tubeless Paling Awet

Nah untuk topik kali ini bagaimana memilih ban motor tubeless paling awet mengingat ban merupakan penujang paling penting dalam sebuah kendaraan. Jika kalian butuh rekomendasi ban motor tubeless paling awet, berikut ini beberapa pilihan yang bisa kalian gunakan sebagai referensi buat kendaraan kalian tersebut diantaranya:

Michelin

Jika kalian menggunakan motor high-end dengan harga ratusan juta, kalian bisa lihat bahwa ban yang digunakan rata-rata menggunakan Michelin. Produsen ban yang satu ini memang sudah terkenal sebagai ban mahal yang memiliki kaulitas premium.

Banyak fans motor balap dan hotrod menggunakan ban ini karena umurnya bisa lebih lama dari motor-nya. Tentu masalah umur ini masih bergantung pada intensitas penggunaan, tapi rata-rata umur ban Michelin sangat awet tahan lama.

Hal yang disayangkan dari merk ini ialah harganya. Jika kalian menggunakan motor bebek biasa kalian sangat merugi menggunakan ban dari produsen ini. Walaupun begitu jika kalian memiliki motor sport dan ingin performa kendaraan ini makin maksimal pilihan ban tubeless Michelin tidak perlu diragukan lagi.

Metzeler

Berikut yang masih tergolong high-end ialah Metzeler, produsen ban yang satu ini terkenal menyediakan banyak variasi ban untuk berbagai jenis motor dan tidak hanya fokus pada motor besar saja. Walaupun begitu produk-produk Metzeler harganya masih ada diatas banyak merk ban lainnya.

Baca Juga :  √ Klep Pada Sepeda Motor Anda Bocor!! Ini Cara Mudah Memperbaikinya

Jika kalian memiliki motor modif yang ingin makin keren baik dari penampilan dan performa, ban produksi Metzeler bisa jadi pilihan. Sebagai salah satu pemegang brand merk ban motor tubeless paling awet. Metzeler memang tidak se-premium Michelin tapi bagi kalian yang mencari pilihan yang lebih murah, Metzeler bisa dibilang berbeda tipis dari segi kualitas.

Bridgestone

Ban motor Bridgestone tentunya tidak asing lagi bagi para pengguna kendaraan. Baik motor maupun mobil yang mencari roda baik pasti pernah ditawarkan roda merk ini. Bridgestone sudah terkenal sebagai merk ban motor tubeless paling awet, hal ini karena produsen merk ini telah berpengalaman dalam desain roda tubeless.

Kelebihan dari roda Bridgestone terletak pada bahan polimer sintesis yang khusus. Bahan ini tidak digunakan pada ban merk lain dan merupakan ciri khas Bridgestone. Kelebihan bahan ini ialah memberikan ketangguhan dan kenyamanan yang seimbang saat digunakan berkendara.

Battlax

Battlax merupakan brand sampingan dari Brigestone yang lebih berfokus untuk desain ban tubeless. Karena desain lebih fokus, produk-produk dari produsen ini terkenal lebih baik tapi harganya jauh lebih mahal. RnD Battlax terletak di Jepang dan lebih fokus pada penggunaan ban untuk berkendara di kecepatan tinggi.

Merk ban ini tentunya baik bagi kalian yang suka berkendara antar kota ataupun berjalan di jalan raya dalam waktu lama. Performa berkendara kalian dijamin akan maki baik setelah menggunakan ban dari Battlax.

Hal lain yang membuat merk ini baik untuk dipilih ialah range harganya. Walaupun mementingkan ban untuk kebutuhan kecepatan tinggi, Battlax memiliki varian budget yang bisa digunakan untuk kebutuhan kalian sehari-hari.

Dunlop

Produsen yang satu ini memiliki nama yang mendunia sama seperti Bridgestone, bedanya Dunlop lebih fokus pada pemenuhan banyak jenis motor dan juga pada range harga yang luas. Produsen yang ban tubeless yang satu ini mampu menyediakan ban high-end untuk balapan dan juga ban khusus untuk motor classic.

Baca Juga :  √ Jadi Ini ?? Dampak Busi Motor Yang Diamplas,,, Yuk Simak

Pilihan yang banyak tentu membantu para konsumen pecinta motor untuk membeli sesuai kebutuhan mereka. Misal kalian mencari ban tubeless budget untuk penggunaan motor di daerah ekstrim seperti pegunungan papua, Dunlop bisa menyediakan pilihan yang baik.

Pirelli

Brand merk ban motor tubeless paling awet yang satu ini tentu sudah terkenal di kalangan fans motor. Produsen ban motor asal Italia ini sudah sering mendesain ban yang khusus digunakan untuk Moto GP. Jika dibandingkan, Pirelli menduduki posisi yang sama sebagai penyedia ban high-end dengan Michelin dan Metzeler.

Ban yang dipasarkan oleh produsen ini terkenal dengan daya tahannya di berbagai situasi. Jika kalian memiliki motor besar ataupun motor sports, pilihan ban Pirelli tentunya ialah sesuatu yang pas, kemampuan berkendara kalian dijamin lebih baik menggunakan ban merk ini.

IRC

Untuk pilihan ban tubeless budget, kalian bisa gunakan ban dari bran IRC (Inoue Rubber Company), perusahaan yang berasal dari Jepang ini menyediakan berbagai ban yang terjangkau tapi juga berkualitas. Mulai ban khusus untuk offroad sampai ban yang memikirkan sistem gulir rendah, disediakan oleh produsen ini.

Bagi kalian yang tertarik dengan ban tubeless dari IRC, kalian memilih merk ban yang pas. IRC merupakan salah satu merk yang paling umum ditemukan di toko-toko, jadi semisal kalian ingin membeli, cukup datang ke toko terdekat dan pilihan ban yang pas dengan kendaraan kalian.

Corsa

Jika kalian sering berkendara di daerah yang ekstrim dan tidak rata jalannya, pilihan ban merk Corsa tentunya pas diambil. Merk ban motor tubeless paling awet  ini terkenal memiliki tread compound yang khusus didesain untik grip yang kuat.

Selain itu tread compound ini didukung dengan base compound yang ditujukan untuk memaksimalkan kenyamanan. Kombinasi kedua hal ini tentu memberikan alasan yang baik untuk digunakan didaerah ekstrim seperti belantara Kalimantan dan juga pegunungan Papua.

Baca Juga :  [Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering

Walaupun banyak memberikan kelebihan, harga ban tubeless merk Corsa tergolong masih rendah dan terjangkau, kalian yang mencari ban berkualitas dengan harga yang baik tentu tidak boleh melewatkan merk ban yang satu ini.

Swallow

Swallow ialah merk ban tubeless yang berkompetesi di pasar harga midrange. Pilihan ban yang diberikan produsen ini tentu ada banyak, tapi hal yang paling special dari merk ini ialah kelebihan melawan kondisi basah.

Semua ban produksi Swallow terkenal memiliki performa yang di atas rata-rata di jalanan basah dan bahkan dibawah badai. Pilihan desain ini tentu membuat ban dari Swallow cocok digunakan di Indonesia, jalanan yang licin karena hujan ataupun genangan banjir bukan lagi masalah untuk motor kalian jika pakai ban Swallow.

FDR

Siapa sih yang tidak kenal dengan FDR? Ban merk dalam negeri ini merupakan teman para fans motor yang memiliki budget terbatas. Harga yang murah dari brand ini juga bukan satu-satunya alasan banyak orang menggunakannya, ketangguhan ban tubeless FDR bisa dibilang sangat baik.

Pilihan ban varian yang tersedia dari produsen ini sepertinya memang diperuntukan demi menghadapi berbagai medan di Indonesia. Mulai dari jalan tanah, jalanan basah berlumpur, offroad dan juga jalan raya yang tidak rata, semua bisa dilalui tanpa masalah dengan ban FDR.

Aspira

Aspira bisa dibilang saingan terberat dari FDR di posisi pasar yang sama. Selain menawarkan harga di range yang sama, Aspira juga bisa dibilang sisi koin yang berbeda dari FDR. Jika merk FDR menawarkan ketangguhan, Aspira menawarkan kenyamanan berkendara di level budget yang sama.

Bagi para pengendara motor kenyamanan berkendara tentu lebih penting dari pada ketangguhan ban. Hal inilah yang membuat merk ban motor tubeless paling awet ini sering dipilih walaupun ada FDR di range harga ban tubeless yang murah.

Demikianlah pembahasan mengenai Ban Motor Tubeless Paling Awet semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂