Fungsi Camshaft

Posted on

Fungsi Camshaft – Seperti namanya four stroke engine merupakan sebuah mesin yang lebih-lebih dahulu perlu lewat 4 sistem sebelum menghasilkan energi. Mesin dengan empat cara ini banyak digunakan terhadap mobil ataupun motor yang Anda memakai sehari-hari

Mesin 4 tak ini mempunyai prinsip ramah lingkungan, sehingga sangat sesuai untuk Anda memakai motor ataupun mobil dengan mesin 4 tak, alasan mengapa mesin ini merupakan mesin ramah lingkungan adalah karena mesin ini tidak menghasilkan begitu banyak gas emisi, layaknya terhadap mesin yang lainnya.

Nah hampir semua orang yang tersedia di Indonesia mempunyai kendaraan baik motor maupun mobil. Dan motor yang kebanyakan kita beli terhadap anggota body motor berikut kebanyakan terdapat tulisan 4 tak. Nah, banyak dari kita yang belum jelas 4 tak berikut dan bagaimana cara kerja mesin 4 tak tersebut.

Cara Kerja Mesin 4 Tak Pada Motor

Sebelum kita mengkaji lebih lanjut cara kerja mesin 4 tak, tetap banyak orang yang belum jelas apa itu mesin 4 tak. Nah, pengertian mesin 4 tak sendiri adalah sebuah mesin yang di mana bekerja menghasilkan tenaga dangan memerlukan sistem 4 cara naik turun piston, dua kali rotasi kruk as dan satu kali putaran noken as (Chamsaft).

Dan dinamakan mesin 4 tak karena mesin berikut didalam satu kali sistem kerjanya mesin motor berikut memerlukan 4 cara kerja untuk satu kali proses. Hal ini tentu saja akan sebabkan mesin berkerja secara optimal serta mengimbuhkan tenaga yang besar dan termasuk jadi lebih ramah lingkungan.

Selain itu untuk menghasilkan tenaga yang banyak atau optimal maka didalam mobilisasi cara kerja mesin 4 tak dibutuhkan udara, bahan bakar, kompresi, dan termasuk loncatan bunga api atau biasa dikenal dengan spark. Seperti namanya mesin ini termasuk membawa empat cara kerja yang perlu dijalankan untuk menghasilkan tenaga yang maksimal biarpun tetap ramah lingkungan.

Baca Juga :  Ciri-Ciri Spul Motor Rusak Serta Cara Mengeceknya

Langkah Hisap (Intake)

Dari empat cara yang terdapat didalam sistem kerja mesin ini, cara pertama yaitu cara hisap yaitu cara di mana katup intake akan terhubung dan menghisap semua campuran bahan bakar dengan memakai bensin yang udah dikabutkan. Terdapat sebagian sistem yang perlu dilewati terhadap tahap ini.

Cara kerja mesin 4 tak yang pertama terhadap cara hisap adalah piston akan bergerak dari titik mati atas (TMA) lalu sesudah itu menuju titik mati bawah (TMB), sesudah itu klep inlet akan terbuka sehingga bahan bakar akan masuk ke silinder, lalu sesudah itu kruk As akan berputar sebesar 180 derajat, dan termasuk sebabkan noken As berputar sebesar 90 derajat, serta tekanan negatif yang terdapat pasa piston menghisap kabut hawa dan bahan bakar ke silinder.

Langkah ini mempunyai target untuk memasukkan kabut hawa serta bahan bakar yang terdapat terhadap mesin masuk ke didalam silinder. Hal ini memengaruhi tenaga mesin, karena tenaga mesin yang diproduksi tergantung jumlah bahan bakar yang berhasil terbakar didalam mengalami sistem pembakaran.

Langkah Kompresi (Compression)

Langkah kedua didalam cara kerja mesin 4 tak adalah kompresi yang merupakan cara yang di mulai disaat klep inlet jadi menutup dan piston segera terdorong ke arah ruang bakar yang diakibatkan oleh momentun dari kruk as flywheel.

Adapun sistem didalam cara kompresi ini adalah yang pertama piston akan bergerak lagi dari TMB menuju ke TMA, sesudah itu klep in akan menutup begitupun klep ex termasuk senantiasa tertutup, sesudah itu bahan bakar akan termampatkan terhadap kubah pembakaran, terhadap posisi 15 derajat sebelum TMA, busi akan jadi menyalakan bunga api sesudah itu mengawali sistem pembakaran, yang sebabkan krus as mencapai rotasi penuh, dan noken as 180 derajat.

Pada cara kedua cara kerja mesin 4 tak ini dijalankan dengan sebuah target untuk menaikkan temperatur sehingga campuran pada hawa dan bahan bakar dapat saling bersenyawa. Tahap kedua ini mempunyai hubungan yang sangat erat dengan memproduksi tenaga terhadap mesin 4 tak ini.

Baca Juga :  Fungsi Pulley Depan Pada Motor Matic

Langkah Tenaga (Pembakaran/Combustion)

Langkah ini merupakan cara yang sangat penting didalam sistem kerja mesin ini, karena cara ketiga ini merupakan cara pembuatan tenaga. Pukulan tenaga didalam mesin ini akan di mulai disaat campuran hawa dan termasuk bahan bakar jadi dikompresi dan dinyalakan terhadap ruang pembakaran, yang dinyalakan oleh busi mesin.

Ketika busi dinyalakan maka dengan sangat cepatnya campuran yang udah terbakar akan merambat dan menciptakan ledakan-ledakan yang tertahan oleh dinding anggota kepala silinder sehngga mengakibatkan umpan balik didalam penciptaan tenaga terhadap mesin 4 tak ini yang dipercaya jadi mesin yang ramah terhadap lingkungan.

Adapun sistem yang akan dilewati terhadap cara ketiga didalam cara kerja mesin 4 tak ini adalah yang pertama disaat ledakan udah terjadi secara sempurna di ruang bakar, maka sebabkan piston terlempar dari TMA sesudah itu ke TMB, dan sebabkan klep intel menutup secara penuh, dan konsisten terjadi usaha sampai terhadap akhirnya klep membuang akan jadi sedikit terbuka.

Kemudia terjadi sistem transformasi antar kekuatan dengan gerakan bolak balik oleh piston yang membuatnya menghasilkan kekuatan rotasi kruk as, putaran akan makin menghasilkan tenaga sampai kruk as mencapai 540 derajat yang termasuk sebabkan noken as jadi 270 derajat yang menghasilkan kekuatan dengan emisi ramah lingkungan.

Langkah Buang (Exhaust)

Langkah paling akhir merupakan cara yang paling penting didalam cara kerja ini karena cara paling akhir ini adalah cara membuang sehingga jadi sangat penting untuk menghasilkan kekuatan atau tenaga yang baik didalam mengoperasikan mesin jadi sangat lembut dan efisien.

Pada cara ini piston akan melakukan pendorongan terhadap gas sisa pembakaran yang udah nampak dari silinder menuju pipa knalpot. Proses ini perlu dijalankan dengan optimal untuk jauhi gas baru yang akan tereduksi terhadap tenaga yang dihasilkan.

Baca Juga :  Bahan Yang Gunakan Untuk Pembuatan Blok Mesin

Untuk sepeda motor yang bermesin 4 tak pastinya memiliki komponen yang sangat penting di bagian mesin di bagian dalam pada silinder head seperti komponen noken as yang fungsinya untuk mengatur durasi buka tutup klep dalam proses buka tutup klep ini untuk menentukan jumlah pasokan bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang bakar pada mesin.

Fungsi Camshaft

Saat noken as berfungsi dengan baik maka tidak ada masalah dalam hal power motor semakin tinggi diputaran mesin semakin cepat pula noken as berputar dan membuat klep membuka dan menutup sangat cepat terkadang dalam hitungan detik sekalipun.

Saat noken as mengalami kerusakan atau aus pastinya dapat dipastikan motor akan kehilangan tenaga karena tak ada lagi yang mengatur durasi buka tutup klep untuk memasok bahan bakar dan udara yang sangat penting dibutuhkan di dalam ruang bakar.

Untuk pentingnya fungsi noken as pada mesin motor ada baiknya para pemilik sepeda motor agar menjaga komponen tersebut agar tetap awet terjaga dalam waktu yang lama. Salah satunya dengan selalu memperhatikan pergantian oli karna oli sangat penting untuk bagian mesin salah satunya melumasi noken as di dalam silider head,,,

Dengan oli yang sudah distandarkan atau dikhususkan dari pabrikan, apabila para pemilik kendaraan kurang memperhatikan untuk pergantian pelumas yang dibutuhkan mesin hal ini bisa mengakibatkan keausan dan kerusakan mesin salah satunya di komponen mesin, bila bagian noken tersebut rusak pastinya akan timbul bunyi yang berisik di bagian silinder head.

Karna diakibatkan tidak memperhatikan pergantian oli,,,apabila noken as rusak pastinya akan mempengaruh untuk mesin tenaga berkurang bisa juga bahan bakar boros. Bagi pemilik kendaraan mesin 4 tak selalu menjaga dan memperhatikan komponen noken as tersebut.

Demikianlah pembahasan mengenai Fungsi Camshaft semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂