Akibat Throttle Body Motor Kotor

Posted on

Throttle Body – Perkembangan dunia teknologi dibidang otomotif memang sudah berkembang sangat pesat sekali. Hal ini dibuktikan dengan ada banyaknya teknologi-teknologi terbaru yang diterapkan pada motor keluaran terbaru pada saat ini.

Apa itu mesin Injeksi ?? Injeksi ialah suatu metode pencampuran bahan bakar dengan udara pada kendaraan bermotor untuk menghasilkan pembakaran yang sempurna.

Akibat Throttle Body Motor Kotor

Injeksi sendiri membutuhkan perangkat yang bernama Injector, injector ini bertugas untuk menyupplai campuran bahan bakar dengan udara. Dan teknologi Injeksi sendiri merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Cara Kerja Mesin Injeksi

Lanjut pada cara kerja mesin injeksi, apabila pada sistem karburator kendaraan membutuhkan penyetelan yang tepat supaya bisa mendapatkan campuran bahan bakar dengan udara atau AFR β€œAir Fuel Ratio” yang optimal pada sistem injeksi ini sudah terprogram secara computer untuk mendapatkan rasio AFR yang lebih optimal.

Dan agar bisa mendapatkan rasio AFR yang optimal, injektor perangkat elektronik yang bertugas untuk mengontrol kerja injektor ini bernama ECM atau Electronik Control Module.

Dalam hal ini mesin yang berteknologi injeksi dilengkapi banyak komponen pendukung dalam sebuah proses pembakaran udara dan bensin di ruang mesin. Yang salah satu komponen tersebut ialah Throttle Body “TB”. Throttle Body berfungsi untuk mengatur asupan udara yang masuk ke ruang bakar.

“Fungsinya mengatur jumlah udara yang masuk sewaktu pengendara mengoperasikan Throttle Valve melalui Throttle Grip. Throttle Body memiliki beberapa sensor. “Di Throttle Body banyak posisi sensor unit diletakkan, terdapat sensor suhu udara, sensor tekanan udara dan sensor posisi bukaan gas”.

Baca Juga :  √ Cuma Ini Cara Yang Paling Benar Memperbaiki Kerusakan Sistem Injeksi Sepeda Motor

Namun tidak semua sensor tersebut terdapat di setiap motor injeksi ya. “Untuk beberapa jenis motor Honda, ada yang hanya sensor Throttle bukaan gas saja yang disematkan di Throttle Body”. Jika Throttle Body ini kotor, tentunya akan berpengaruh pada kinerja mesin itu sendiri dan menyebabkan motor tidak langsam.

Kotoran yang menempel pada injektor dan katup kupu-kupu Throttle Body biasanya berupa tumpukan karbon sisa pembakaran. Kerak membuat kerja katup kupu-kupu tidak dapat tertutup sempurna, jadinya aliran udara yang masuk ke ruang bakar tidak terkontrol makanya tidak langsam.

Efek Terasa Jika Throttle Body Motor Tertumpuk Kotoran

Throttle Body “TB” motor yang tertumpuk motor tentu akan memberikan efek negatif. Memang apa saja sih kira-kira efek negatif yang dirasakan jika di area Throttle Body banyak kotoran ??

Ternyata Ini,, Efek Terasa Jika Throttle Body Motor Tertumpuk Kotoran !!!

“Yang jelas awalnya tarikan itu terasa berat”. Karena biasanya kotoran itu menempel di Throttle Body bahkan sampai ke Intake. “Mirip-mirip motor karbu kalau kotor”. Lalu motor sudah digeber sampai gaspol tapi ternyata top speed hanya mentok diangka 70-80 km/jam saja.

Bisa juga langsam atau idle dari motor jadi tidak stabil. Baiknya Throttle Body dibersihkan dengan cara dibongkar langsung. Karena mekanik bakal keliatan area mana saja yang kotor dan harus dibersihkan. Kalau pakai cairan yang dicampur ke bensin justru rawan deposit atau penumpukan kotoran dalam jangka waktu yang panjang.

Demikianlah pembahasan mengenai Akibat Throttle Body Motor Kotorsemoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ™‚