9 Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Motor

Posted on

Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Motor – Untuk pembahasan kali ini kami akan menyajikan bagaimana mengetahui bunyi tek-tek pada mesin motor, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak pemaparannya dibawah ini.

Motor bakar merupakan suatu kerja mesin yang merubah energi panas hasil pembakaran menjadi gerak/mekanik.

Jenis Motor Bakar Menurut Siklus Kerjanya

Adapun jenis motor bakar menurut siklus kerjanya diantaranya yaitu:

Motor 2 Tak

Suatu kerja mesin yang mana untuk menghasilkan satu kali tenaga/energi, memerlukan dua kali gerak naik turun piston dan satu kali putaran poros engkol/kruk as.

Motor 4 Tak

Suatu kerja mesin yang mana untuk menghasilkan satu kali tenaga/energi memerlukan empat kali gerak naik turun pistin, dua kali putaran poros engkol/kruk as dan satu kali putaran noken as/cam shaft.

Istilah Dalam Mesin

Adapun istilah dalam mesin diantaranya yaitu:

Dead Center/Titik Mati

Piston berada di titik terjauh untuk bergerak kembali kearah yang berlawanan. Titik mati ada 2 yaitu:

Baca Juga :  Cara Membuat Motor Drag Super Cepat
Titik Mati Atas (TMA)/Top Dead Center (TDC)
  • Piston berada pada posisi paling atas untuk bergerak kembali kebawah.
  • Piston di TMA di tunjukan dengan tanda huruf (T) pada magnet yang disebut posisi TOP.
Titik Mati Bawah (TMB)/Bottom Dead Center (BDC)
  • Piston berada pada posisi paling bawah untuk bergerak kembali ke atas.

Stroke (Langkah Piston) “L” atau “S”

Jarak yang di tempuh oleh pergerakan piston dari TMA ke TMB atau sebaliknya, di hitung dalam satuan “mm”.

Bore (Diameter Cylinder) “D”

Diameter bagian dalam cylinder, diukur dalam satuan “mm”.

Volume Langkah (Kapasitas Mesin) “ VL”

Volume yang terbentuk / dipindahkan oleh pergerakan piston dari TMA ke TMB, dihitung dalam satuan (cc) / ( ).

Volume Ruang Bakar (Vrb)

Volume yang terbentuk antara kepala piston dengan kepala cylinder pada saat piston di TMA.

Perbandingan Kompresi ( Compression Ratio) “Cr”

Perbandingan antara Volume langkah ditambah Volume ruang bakar dibagi dengan volume ruang bakar.

Dalam hal ini bunyi aneh pada mesin sepeda motor 4 tak dapat menjadi pertanda kerusakan pada sepeda motor. Tetapi tidak semua “noise” berarti terjadi kerusakan. Terdapat sepeda motor yang jarak clearance antar metalnya diposisikan secara maksimum, yang sehingga mesin menjadi berisik.

9 Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Motor

Nah berikut ini bagian-bagian mesin yang sering menjadi penyebab berisiknya mesin sepeda motor yaitu:

Bagian Klep

Suara “tik-tik” atau “tuk-tuk” ringan pada saat mesin stasioner hal tersebut menandakan setelan katup renggang, yang sehingga piano klep “rocker arm” memukul kepala katup. Bunyi akan kian keras saat putaran gas motor ditinggikan, selain itu masalah per katup yang mulai melemah, menimbulkan bunyi yang sama.

Baca Juga :  Penyebab Kopling Motor Bunyi Saat Dilepas Dan Cara Mengatasinya

Bagian Rantai Kamprat

Suara seperti “tok-tok” mungkin akibat dari rantai yang sudah kendor sehingga terdapat bagian-bagian yang kendor. Rantai keteng yang kondisinya terlalu kencang juga mengakibatkan bunyi suing atau dengungan. Sedangkan suara “sek-sek” yang terus menerus, biasanya gear atau rantai ketengnya minta segera diganti.

Bagian Tensioner Rantai Sentrik

Chain tension yang dimana berfungsi menjaga kekencangan rantai sentrik, jika kekencangan rantai berubah-ubah “kendor-kencang” pastinya akan berpengaruh pada kondisi putaran mesin. Nah jika hal ini terjadi maka kinerja motor otomatis tidak maksimal dan suara yang timbul seperti “tek-tek” juga sangat mengganggu. Untuk mengatasinya yakni dengan mengganti Tensioner yang baru.

Bagian Piston

Di bagian ruang bakar, buinyi sangat minim, gejala seperti piston atau ring piston oblak memang hampir tidak terdengar, serta mudah diketahui jika tenaga motor menjadi berkurang dan mengeluarkan asap putih dari knalpotnya. Jika suara ketukan agak berat dan mulai terdengar pertanda kalau piston minta diganti.

Bagian Stang Seher

Dalam hal ini terkadang sepeda motor muncul suara gemeretak pada putaran bawah sampai menengah yang berangsur hilang pada putaran atas. Suara ini muncul dari kaki atau stang piston yang menampar dinding silinder pada saat titik mati bawah. Waspadai keluarnya bunyi ini dengan memeriksa kondisi mesin.

Bagian Pin Piston

Bagaimana jika bunyi dengung muncul saat sepeda motor dinyalakan? dapat berarti setang piston mulai oblak karena pin piston yang tidak menempel pas pada rumahnya. Jika kondisi setang piston sudah mulai parah bunyinya akan semakin keras.

Bagian Bearing Piston

Kondisi sama akan muncul pada saat baaring metal duduk serta metal jalan dikruk as sudah aus dan diiringi suara “ker-ker” serta ketukan berat yang keras. Tidak lupa vibrasi mesin meningkat pada footstep dan setang. Mencegah kruk as yang berbunyi, gantilah setang piston berikut bearing metal dudukan serta jalannya.

Baca Juga :  Inilah Penyebab Cat Sepeda Motor Anda Tampak Kusam

Bagian Kopling

Rumah yang kopling bermasalah ikut menyumbang suara yang tidak enak didengar. Bunyi “srek-srek” secara berkesinambungan dan “duk” saat motor direm mendadak dapat diakibatkan kopling mulai aus atau sistem otomatisnya sudah mulai meranggang.

Bagian Roller

Untuk jenis motor matic gejala seperti mengeluarkan suara tek-tek sering terjadi, karena kondisi rumah roller yang mulai aus atau roller sudah tidak rata.

Demikianlah pembahasan mengenai Bunyi Tek-Tek Pada Mesin Motor  semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂