Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Posted on

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga – Dalam hal ini motor matic ialah salah satu jenis motor yang dimana penjualannya sampai saat ini sangatlah di gandrungi masyarakat di Indonesia. Motor matic yang seharusnya dipermukaan oleh kaum hawa ini dikarena penjualannya sangat baik di Indonesia sehingga para produsen sepeda motor seperti Yamaha mengeluarkan motor khusus matic pria.

Yamaha mio ialah salah satu motor penggagas sepeda motor matic, jadi penggunaan diawalnya motor mio sangatlah banyak dijalanan Indonesia bahkan motor bekas dari motor mio ini masih banyak di perjual belikan. Dengan memiliki motor matic seperti motor muo bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan beberapa trouble atau masalah pada bagian mesin. Selain oli motor yang bocor, kendala yang paling utama dalam motor matic ialah kurang bertenaganya motor. Kendala tersebut mungkin lebih sering di alami oleh beberapa motor lama.

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Akan tetapi apabila kita menemukan motor kita yang kurang tenaga akan lebih baik kita tahu. Cara mengatasi motor mio kurang tenaga, oleh karena itu disini akan kita bahasa bagaimana cara mengatasinya, untuk penanganannya sendiri apabila kita kurang paham terhadap mesin motor tersebut.

6 Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Sebuah kendala yang memang sedikit menjengkelkan apabila motor yang kita kendarai kurang tenaga terutama apabila kita di hadapi dengan rute perjalanan yang menanjak, ketika motor kurang tenaga ada beberapa kendala yang memang bisa kita hadapi ataupun bisa kita perbaiki sendiri. Nah berikut ini cara mengatasinya simak pemaparan selengkapnya dibawah ini:

Dengan Periksa Busi Motor

Cara mengatasi yang pertama ialah dengan mengecek busi motor kita, spare part yang satu ini ialah salah satu yang terpenting dalam sepeda motor karena apabila busi motor kita kurang fit atau kurang baik, akan membuat motor kita susah dinyalakan bahkan mati.

Dalam kasus cara mengatasi motor mio kurang bertenaga ini, ada kemungkinan juga berasal dari faktor busi motor kita yang dimana masa pemakainnya sudah habis alias expire. Busi yang sudah expire atau dalam bahasa otomotifnya ialah sudah aus, akan mengganggu jalannya proses pembakaran yang ada didalam ruang bakar, karena salah satu fungsi utama dari busi ini sendiri ialah untuk memercikan api guna membantu pembakaran yang akan di proses di ruang bakar.

Cara mengatasi busi motor yang aus, ini ialah dengan cara menggantinya dengan busi yang baru. Mungkin banyak yang bilang lebih baik menggunakan amplas untuk membersihkan ujung busi agar busi bisa bekerja lagi dengan sempurna. Akan tetapi perlu diingat bahwa proses mengamplas busi tidak akan bertahan lama untuk memperbaiki kondisi busi yang sudah auas,lama kelamaan busi yang kita amplas akan mengalami hal serupa lagi.

Dengan Mengecek Filter Udara

Untuk tahapan yang kedua yang harus kita cek ialah filter udara pada motor mio kita, filter udara mungkin ialah salah satu sparepart yang terkadang tidak kita ketahui atau malah kita lupakan dalam perawatan motor mio kita. Padahal peran dari filter udara ini sendiri sangatlah fital yakni untuk membantu menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar mesin motor mio kita.

Dalam tahapan menyaring udara, sudah di pastikan akan ada banyak kotoran-kotoran poluasi udara yang akan menempel pada filter udara motor kita. Oleh karena itu cobalah cek filter udara motor kita, bisa jadi penyebab motor kita kurang bertenaga karena asupan udara yang masuk ke ruang bakar kurang dari takaran seharusnya karena terhalang oleh debu atau kotoran yang menempel di rongga-rongga filter udara.

Baca Juga :  Mengungkap Misteri Tarikan Motor yang Kurang Bertenaga: Penyebab dan Solusinya

Cara mengatasinya ialah dengan coba membersihkannya menggunakan blower ataupun kompressor yang akan meniup debu atau kotoran yang menempel pada filter udara kita. Apabila umur dari filter udara kita memang sudah lama, lebih baik ganti dengan filter udara yang baru agar asupan udara ke ruang bakar akan stabil dan untuk perawatan secara rutin penggantian paling tidak setiap 25 ribu kilometer atau bersihkan setiap servis rutin.

Dengan Memeriksa Jarum Skep

Cara mengatasi motor mio kurang tenaga nomor selanjutnya ialah setelan dari jarum skep. Untuk bagian ini perlu dilakukan penyetelan ulang, yang menjadi bagian karburator karena tenaga mesin yang optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang setelannya tidak pas atau tidak tepat.

Dalam penyetelan jarum skep biasanya akan dibedakan antara spesifikasi motor standart dengan modifikasi yang dimana akan menggunakan skep aftermarket yang mungkin daya kuatnya akan berbeda. Oleh karena itu konsultasikan atau barikan setelan jarum skep sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan dari motor mio kita.

Bagian Karburator

Untuk kasus ini biasanya dialami oleh motor mio tahun tua yang dimana sistemn penyupply bahan bakarnya di atur menggunakan karburator. Dikomponen karbu terdapat proses terjadinya campuran bahan bakar dengan udara yang dimana di perlukan untuk pembakaran yang akhirnya proses tersebut menghasilkan tenaga yang fungsinya untuk menggerakan sepeda motor. Setelan yang kurang baik antara proposi dari udara dan bahan bakar yang kurang pas menjadi salah satu faktor penyebabnya.

Cara mengatasinya yaitu lebih baiknya perlu ditune-upe agar menjaga kemaksimalan kinerja motor. Proses tune-upe di usahakan kita mengerti perbandingan yang diperlukan mesin motor kita. Selain itu juga terkadang ada juga dalam satu kasus bahwa karbu motor kita sudah tidak bisa disetting karena beberapa hal, yang membuat kita harus mengganti karbu motor kita dengan yang baru.

Baca Juga :  Penyebab Tarikan Ninja RR Berat Serta Cara Mengatasinya

Bagian Knalpot

Meski jarang orang menyangkut pautkan antara knalpot dengan tenaga motor, akan tetapi faktor knalpot memang secara tidak langsung mempengaruhi tenaga motor. Apabila knalpot yang terhalang dengan kotoran hasil pembuangan dari kotoran bisa juga penyebab tenaga motor menjadi kurang tenaga oleh sebab itu ada perlunya dengan perawatan pada bagian knalpot setidaknya kurang lebih 5-6 ribu kilometer.

Selain dibersihkan performanya pun bisa terjaga. Agar kotoran didalam knalpot terbuang bisa dengan cara membakar knalpot agar kotoran terbuang yang sering pada motor 2 tak yang emang kotoran yang terlalu banyak. Ada beberapa cairan ataupun cara untuk membersihkan knalpot yang bisa kita coba seperti menggunakan cairan ataupun lainnya.

Dengan Mengecek Kampas Kopling

Cara mengatasi motor mio kurang tenaga yang terakhir ialah kampas kopling. Perlu di ketahui sebelumnya bahwa fungsi kampas kopling ialah sebagai penjaga transmisi motor agar stabil. Kampas kopling yang pemakaiannya sangat sering dipakai lama-kelamaan akan menjadi habis dan jika kampas habis biasanya tenaga akan berkurang karena transmisi tidak stabil disaat dikendarain.

Untuk harga kampas kopling itu sendiri biasanya lumayan tapi kalau penggunaannya atau pemakaiannya tepat pastinya kampas motor tersebut tetap awet juga. Intinya dari sini ialah kita sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya menjaga dan merawat motor kendaraan kita agar tetap fit. Apabila kita sudah merawatnya dengan baik dnegan cara service berkala bukan berarti kita akan terhindar dari penyakit ini.

Faktor ke auasan dari sparepart juga mempengaruhi jadi penyebab motor mio kita kurang tenaga. Selain itu juga ada faktor modifikasi yang berlebihan ataupun kurang tepat, sehingga settingan yang kita buat kurang tetap yang akan membuat tarikan ataupun tenaga motor kita kurang baik.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂