6 Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor

Posted on

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor – Dalam hal ini mengalami rantai keteng kendor pada kendaraan yang kalian miliki memang bukan hal yang kita inginkan. Hal ini karena dampak dari kedornya rantai keteng ini benar-benar akan membuat kendaraan tidak memberikan performa yang terbaik.

Nah jadi salah satu hal yang perlu dilakukan ketika rantai keteng mulai kendor ialah memperbaikinya. Untuk urusan ini ternyata kita tidak perlu merasa khawatir, karena ada banyak cara mengatasi rantai keteng kendor yang dapat kita lakukan dengan mudah dan juga simple.

Rantai keteng atau yang juga sering disebut oleh kebanyakan orang di tanah air rantai kampret ialah komponen yang sangat penting keberadaanya. Karena dengan rantai keteng secara keseluruhan mesin motor akan dapat bekerja dengan sangat sempurna.

Nah namun apabila ternyata rantai keteng tersebut sudah mulai mengendor karena ada beberapa penyebab dan faktor. Maka selain akan membuat performa mesin sedikit bermasalah, ternyata juga akan membuat mesin bunyi klotok klotok atau bunyi yang tidak enak di dengar saat mesin menyala.

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor Terbaru

Dan tidak hanya itu saja, ternyata jika rantai keteng kendor dan kalian biarkan saja. Maka dampak terburuk yang dapat kalian dapatkan ialah kerusakan pada komponen lain di dalam sistem kerja mesin itu sendiri. Nah dari pada panjang lebar, berikut ini ialah cara mengatasi rantai keteng kendor yang dirangkum oleh kami.

Lantas Apa Itu Rantai Keteng?

Rantai keteng atau juga sering di sebut rantai kampret oleh sebagian besar orang di tanah air ialah komponen yang sangat penting keberadaannya baik pada motor ataupun pada mobil, kenapa sangat penting?

Baca Juga :  Cara Deteksi Sejak Dini Stang Motor Mulai Tidak Stabil

Karena rantai keteng atau rantai kampret ini mempunyai fungsi sebagai penyalur tenaga dari tenaga dasar ke bagian noken as. Yang dimana nantinya tenaga dari noken as akan langsung di teruskan untuk membuka dan menutup klep.

Bentuk dari rantai keteng sendiri tidak jauh berbeda dengan bentuk rantai motor atau rantai roda pada umumnya. Hnaya saja perbedaan yang paling terlihat jelas mungkin dari ukurannya yang sangat kecil, selain itu ulir dari rantai keteng juga berbeda.

Penyebab Rantai Keteng Kendor

Sebelum membahas lebih jelas mengenai cara mengatasi rantai keteng kendor. Tentu kalian juga harus mengetahui beberapa macam penyebab rantai keteng tersebut kenapa bisa kendor. Nah berikut ini ada beberapa hal yang mungkin menjadi penyebab utamanya.

Masa Pakai Rantai Keteng

Tidak bisa dipungkiri semua jenis barang yang ada termasuk barang otomotif pastinya tentu memiliki dan mempunyai yang namanya masa pakai atau juga sering di sebut MTBF “Main Time Before Failure”.

Rantai keteng sendiri memiliki cara kerja yang terus menerus berputar melewati roda gigi. Karena di gunakan terus menerus dan terjadi gesekan, sudah pasti akan terjadi keausan dan rantai pun mulai mengendor.

Jarang Mengganti Oli Mesin

Masalah yang kedua yang mungkin menjadi penyebab rantai keteng mungkin menjadi kendor ialah jarang mendapatkan asupan oli mesin baru dan segar. Kurangnya perawatan pada oli mesin akan berdampak pada banyak hal.

Dan selain rantai keteng yang mudah kendor karena kurangnya formula pelumas yang ada pada oli mesin. Bisa juga justru akan membuat kerusakan pada mesin motor terutama pada bagian piston motor.

Terlalu Sering Geber-Geber Gas

Penyebab yang satu ini mungkin sering terjadi pada motor anak muda. Karena seperti kita sadari bahwa  anak muda yang menggunakan motor mungkin akan sering melakukan geber-geber gas atau menarik gas sekuat-kuatnya.

Baca Juga :  [100% Work] Cara Ganti Rantai Keteng Satria Fu Agar Bunyi Kasar Hilang

Hal tersebut tentu akan berdampak pada performa mesin dan salah satunya mungkin akan menjadikan kualitas rantai keteng sebagai penghubung tenaga dari kruk as ke noken as akan melemah dan kendor.

Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor

Lantas bagaimana jika ternyata rantai keteng yang ada pada mesin kendaraan mulai kendor ? apakah ada solusi yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya? tentunya ada beberapa cara mengatasi rantai keteng kendor yang bisa kalian lakukan, diantaranya yaitu:

Gantilah Dengan Baut

Kenapa rantai keteng di ganti dengan baut? eits, maksudnya bukan rantai ketengnya yang di ganti dengan baut. Melainkan bagian penonjok tensioner yang kita ganti dengan menggunakan baut.

Cara ini bisa di lakukan dengan memanfaatkan serat pada tonjokan di bagian rantai keteng untuk kita gunakan sebagai penutup setelah dibagian tempat baut. Selain itu juga menjadi petunjuk langsung batantg tensioner.

Namun ketika akan memasangnya sebaiknya lepas penekan otomatis pada batang penekan.  Dan ketika sudah dipasang, namun penonjok tensioner yang di tekan tidak mundur, maka masalah rantai keteng kendor masih bisa di akali.

Dan cara yang paling mudah tentu dengan menambahkan mur di bagian atas atau bawah kemudian menempelkannya. Namuan pengguna mur tersebut tidak boleh sembarangan karena ukuran mur baut benar-benar harus pas dan tidak terlalu panjang.

Menggunakan Baut Untuk Menyambung

Kemudian cara mengatasi rantai keteng kendor yang selanjutnya juga dapat dilakukan dengan memanfaatkan baut. Namun cara ini mungkin dapat dibilang lebih rumit dan lebih merepotkan pasalnya kalian harus menggunakan baut sebagai penyambungnya.

Tujuan dari penggunaan baut untuk menyambung ialah agar batang dari penekan dapat menekan tensioner kembali. Namuan cara ini membutuhkan keahlian khusus mengingat tidak semua orang paham akan metodenya yang satu ini untuk mengatasi rantai keteng kendor.

Modifikasi Tensioner Lemah

Kencang dan kendronya setelah rantai keteng akan sangat berpengaruh pada pembukaan dan penutupan klep. Maka dari itu pada mesin kendaraan tentu ada yang namanya tensioner.

Baca Juga :  [Tips Jitu] Cara Memilih Ban Untuk Kondisi Jalan Basah & Kering

Yang dimana tensioner ini akan mempunyai fungsi untuk membuat ketegangan pada rantai keteng tetap stabil. Dan jika tensioner sudah lemah atau sudah aus, maka tentunya akan memunculkan bunyi yang sangat berisik pada mesin saat kondisi panas.

Cara Merawat Rantai Keteng

Setelah mengetahui bagaimana cara mengatasi rantai keteng kendor. Mungkin hal yang tidak kalah pentinya untuk kalian ketahui ialah cara merawat rantai keteng itu sendiri, seperti apa cara merawatnya? berikut rangkumannya.

Dengan Melakukan Pemeriksaan Rutin

Melakukan pemeriksaan secara rutin pada bagian rantai keteng mungkin menjadi salah satu-satunya cara yang paling efektif untuk mengetahui kondisi rantai keteng. Waktu paling sedikit untuk memeriksa rantai keteng setidaknya 1 tahun sekali.

Melakukan Pendeteksi Masalah

Cara merawat rantai keteng yang baik dan benar selanjutnya ialah dengan melakukan pendeteksian masalah. Metode ini bisa kita lakukan dengan mudah hanya dengan memanasi motor setiap harinya.

Jika terdapat suara berisik seperti “tek tek tek” saat mesin nyala, namun setelah 15 menit hilang, maka itu bukan berasal dari rantai keteng yang kendor, melainkan dari masalah lain.

Rutin Mengganti Oli Mesin

Dan yang terakhir ialah rutin mengganti oli mesin kalian setidaknya 2 bulan sekali. Dengan melakukan penggantian oli mesin secara rutin, tentu akan banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan terutama pada sektor performa.

Dimana ketika jarang melakukan penggantian oli mesin, biasanya tidak hanya rantai keteng yang kendor, melainkan juga dapat menyebabkan mesin bisa bermasalah dari berbagai komponen termasuk juga seher motor itu sendiri.

Cara mengatasi rantai keteng yang kendor seperti sudah dijelaskan diatas tentu sangat mudah dilakukan dan di kerjakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengatasi Rantai Keteng Kendor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂