Cara Merawat Ban Tubeless

Posted on

Cara Merawat Ban Tubeless – Bagi pengguna motor sudah pasti sudah tahu terhadap komponen ini yaitu ban tubeless yang merupakan roda yang dirancang tanpa ban di dalam.

Yang awalannya ban tipe ini mengfungsikan bagi sepeda gunung tetapi bersama pertambahan selagi ban tubeless rupanya termasuk diterapkan dikendaraan bermotor.

Bermacam kelebihan pun di tawarkan ban tubeless yaitu praktis selagi digunakan mayoritas pengemudi pilih ban tubeless gara-gara tak gampang cepat gembos atau kempes kecuali menghantam benda tanjam atau di dalam situasi bocor.

Untuk kelebihan yang lainnya ban tubeless dinilai lebih menggigit dan stabil dibawa selagi menikung atau bermanuver terhadap kecepatan tinggi selagi dikendarai.

Namun selagi ini ban tipe tubeless kian diminati para pemilik kendaraan perawatan termasuk pasti dibutuhkan sehingga usia ban awet dan tahan lama.

Sesudah itu apa saja perawatan yang kudu dilakukan terhadap ban tipe tubeless, selanjutnya panaparannya.

5 Cara Merawat Ban Tubeless Agar Awet

Adapun cara merawat ban tubeless agar awet diantaranya yaitu:

Jangan Selalu Memberikan Beban

Selalu menjaga jangan terlalu memberikan beban pada ban melibihi ketentuan muatan maksimum kendaraan.

Jangan Mengurangi Tekanan Angin

Jangan mengurangi tekanan angin ketika ban masih dalam keadaan panas penyesuaian tekanan hanya dapat dilakukan saat ban menjadi dingin.5 Tahap Untuk Perlu Diketahui Merawat Ban Tubeless Agar Awet

Jangan Buru-Buru Menutup Dengan Lem Ban Atau Lem Cair

Walaupun bocor, jangan buru-buru menutupnya dengan lem ban atau lem cair lain, cairan akan menyebar kepermukaan ban yang berakibat kerusakan permanen pada pemukaan yang tak bocor, serta korosi pada serat ban.

Bahayanya ban bisa meledak mendadak bila dipacu dalam kecepatan tinggi sebaiknya tamballah dengan potongan ban baru direkatkan dengan lem.

Pemeriksaan Rutin Pada Telapak Dan Bahu Ban

Perlu untuk pemeriksaan rutin terhadap telapak dan bahu ban untuk mendeteksi kerusakan-kerusakan lebih dini, apabila ban sudah mencapai batas keausan minimum (lihat tanda D di bahu ban), ban harus segera diganti.

Jangan Berkendara Dengan Kondisi Ban Gembos

Untuk perlu diketahui jangan berkendara dengan ban gembos atau kempis walaupun sekali pun jarak dekat, ban dan pelek bakal rusak tanpa bisa diperbaiki lagi bila berkendara dengan ban yang kempis.

Demikianlah pembahasan Cara Merawat Ban Tubeless ini semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih. 🙂 🙂 🙂

5/5 - (127 votes)