Penyebab Aki Motor Rusak

Posted on

Penyebab Aki Motor Rusak – Aki motor merupakan komponen yang amat perlu di sepeda motor dikarenakan aki merupakan sumber arus listrik yang dibutuhkan untuk keperluan bagian motor yang perlu arus listrik.

Aki yang disebut juga accumulator adalah komponen penyimpan arus listrik yang biasa digunakan untuk menyalakan sebuah rangkaian kelistrikan ditempat dimana tidak ada sumber listrik.

Pada kendaraan, sebenarnya aki hanya dipakai untuk menyalakan motor starter dan menyalakan semua kelistrikan kendaraan disaat mesin dalam keadaan mati.

Itu karena mobil dan motor memiliki sumber energi listrik yang dinamakan altenator, altenator ini selain berfungsi sebagai sumber listrik pada kendaraan juga digunakan untuk mengisi ulang arus listrik pada aki.

Sehingga, meski aki kendaraan tidak pernah dicharge, tidak ada istilah low battery seperti pada ponsel kita.

Apa Fungsi Aki Pada Kendaraan ?

Aki pada kendaraan roda empat memiliki 6 fungsi yakni

  • Menyalakan sistem starter untuk menghidupkan mesin
  • Memberi arus induksi pada rotor altenator
  • Memberikan suplai arus listrik ke dashboard sebagai sistem informasi terkait kendaraan saat pertama kali pengemudi masuk kekabin.
  • Membuka dan mengunci door lock (yang diaktifkan lewat kunci kontak)
  • Memberi tegangan referensi ke ECU saat mesin belum menyala
  • Menghidupkan electric fuel pump ketika mesin akan dinyalakan

Sementara pada sepeda motor karena tidak ada door lock maka fungsi aki hanya ada 4 yakni

  • Menyalakan sistem starter untuk menghidupkan mesin
  • Memberi arus ke dashboard sebagai sistem informasi terkait kendaraan.
  • Memberi tegangan referensi ke ECU (khusus motor injeksi)
  • Menyalakan fuel pump ketika mesin akan distart (khusus injeksi)

Ternyata, aki juga memiliki banyak kegunaan pada kendaraan. Namun, meski demikian aki bukanlah komponen vital pada kendaraan.

Maksudnya, aki tidak akan mempengaruhi kinerja mesin. Meski aki tekor atau bahkan tanpa aki sekaligus mesin tetap bisa dihidupkan.

Contohnya pada motor, kalau anda melihat sepeda motor yang diproduksi dibawah 1990 maka akan banyak motor yang tidak dilengkapi dengan aki. Karena motor memiliki sumber listrik dari altenator dan untuk menghidupkan mesin cukup dengan kick starter.

Bagaimana Cara Kerja Aki Kendaraan ?

Secara sederhana, aki menggunakan reaksi kimia untuk melakukan discharge dan recharge. Saat aki melepas arus, terjadi reaksi kimia menjadi arus listrik. Dan saat recharge/aki diisi, arus listrik akan mengembalikan reaksi kimia ke keadaan semula.

Sehingga, proses discharge dan recharge aki akan terjadi secara terus menerus selama volume elektrolit aki masih penuh.

Apabila komponen aki selanjutnya sebelum mengalami masalah maka dari itu selalu merawat atau selalu mengecek sehingga tidak ada masalah waktu rela digunakan kendaraan tersebut.

Penyebab Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak

Nah dibawah ini yang menyebabkan aki pada motor cepat rusak sebagi berikut :

Memasang Lampu Seperti HID

Yang mesti diketahui menempatkan lampu HID membutuhkan suplai atau pasokan listrik yang terlalu besar untuk dapat menyalakan lampu tersebut, andaikata keperluan listrik berikut tidak dapat memenuhi aki bersama dengan baik maka akibat yang timbul tambah dapat tekor oleh gara-gara itu untuk penggantian lampu sepeda motor sebaiknya sesuai bersama dengan pengisian baterai agar umur aki dapat bertahan cukup lama.

Memasang Klakson Sembarangan

Memasang klakson yang ceroboh terhitung bisa sebabkan terjadinya kerusakan pada aki yang dilaksanakan secara asal-asalan. Dengan maksud sehingga suara klakson kuat bunyinya spesifikasi klakson yang digunakan tidak sesuai bersama dengan tenaga yang dimilki aki hal ini tentu saja, bisa mneyebabkan kerusakan aki tersebut, modifiksi atau pengaruhi yang ceroboh seperti ini pastinya tidak dianjurkan karena piranti tersebut akan sangat kuras habis energy yang tersimpan di aki bersama dengan cepat.

Lampu Rem Menyala Terus

Pada anggota ini lampu rem atau stop lamp yang menyala konsisten menerus meskipun tidak ditekan juga dapat dapat merusak aki kendaraan secara perlahan-lahan, perihal ini umumnya disebabkan kerusakan komponen pada komponen switch rem terkecuali perihal ini tidak langsung diperbaiki buka tidak barangkali arus listrik dari aki berikut akan mengalir konsisten dan dapat membuat aki berikut mengalami cepat soak dan rusak.

Komponen Kiprok Telah Rusak

Jika komponen kiprok sepeda motor sedah rusak maka aki bakal mengalami overcharging atau sebaliknya maka berasal dari itu untuk wajib dikerjakan pengecekan kiprok yang secara berkala agar untuk memastikan pengisian listrik terhadap aki berlangsung normal caranya yaitu nyalakan mesin pada 4000-5000 rpm kemudian cek tegangan pengisian aki selanjutnya aki yang baik pastinya bakal punya tegangan pengisian yang berkisar 14-15 volt.

Di-Bore up

Bagi sepeda motor yang dibore up yang tidak diikuti upgrade komponen elektrik starter terhitung dapat menyebabkan aki menjadi tekor, hal ini terjadi dikarenakan kompresi benar-benar tinggi sehingga kerja elektrik starter jadi makin tambah berat untuk memutar mesin apabila hal ini konsisten dibiarkan akibatnya aki pun mengalami kerusakan.

Demikianlah pembahasan mengenai Aki Sepeda Motor Cepat Mengalami Rusak semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih atas kunjungannya.

5/5 - (127 votes)