Penyebab Motor Brebet

Posted on

Motor Brebet – Terkadang bagi pemilik motor baik itu roda dua maupun roda empat pastinya memliki masalah dikendaraanya, karena kendaraan pasti tidak selalu sehat pasti ada saja masalahnya ibarat seperti manusia saja pasti ada saja sakitnya tidak selalu sehat terus.

Gejala khusus dikendaraan seperti sepeda motor misalnya motor brebet atau seperti tersendat-sendat seperti kehabisan bahan bakar hal tersebut pastinya bisa terjadi pada motor sampeyan baik pada putaran bawah maupun putaran atas.

Penyebab Motor Brebet

Hal ini pastinya ada beberapa faktor yang paling dominan yang menjadi penyebab mesin motor tersebut menjadi brebet bisa jadi hal tersebut karena kurangnya perawatan pada sepeda motor sampeyan.

Apabila mesin brebet masalah tersebut pastinya sangat mempengaruhi performa sepeda motor sampeyan, apabila masalah tersebut sedah semakin parah mesin pun pastinya mudah mati ditengah jalan, walaupun mesin tersebut masih bisa dinyalakan kembali pastinya hanya membuang waktu sampeyan dan membuang emosi naik saja / jengkel.

Apalagi sampeyan merasa tidak ada kendala dengan keadaan bahan bakar di tangki motor sampeyan, lalu bagaimana yang bisa dilakukan untuk mengatasi mesin motor brebet tersebut !!!

Penyebab Motor Brebet Dan Cara Mengatasinya

Nah berikut ini beberapa penyebab motor brebet dan cara yang benar untuk mengtasinya simak ulasannya dibawah ini:

1. Bahan Bakar Yang Tidak Sesuai 

Motor brebet sangat berpengaruh sekali dengan kualitas bahan bakar yang tidak bagus, hal ini terjadi motor tersebut seharusnya di isi pertamax tapi malah di isi dengan premium, bahan bakar yang tidak baik / bagus yang tidak kualitas pastinya akan meninggalkan kerak yang bisa menghambat kerja mesin.

Coba lah ganti bahan bakar sampeyan dengan bahan bakar yang beroktan tinggi seperti pertamax dan gunakan selalu bahan bakar yang sesuai dengan spesifikasi motor sampeyan agar tujuannya mesin motor tidak cepat rusak.

Baca Juga  Motor Seperti Kehabisan Bensin ?? Inilah Cara Mengatasinya

2. Masalah Pada Fuel Pump

Untuk fuel pump komponen tersebut akan awet jika didalamnya bersih / bagus tidak ada kotoran, apabila gejalanya jika kotor mesin akan mengalami tersendat-sendat atau brebet, kalau fuel pump tersebut bermasalah tekanan bensin bisa ketinggian bisa juga terlalu rendah, kedua hal tersebut juga dapat menyebabkan mesin motor brebet, cek kekncangan pada fuel pumpnya.

3. Dengan Mengecek Pengapian ( Busi )

Motor yang mengalami tersendat-sendat / brebet hal ini bisa disebabkan juga dari busi yang tidak bagus atau kotor, coba terlebih dahulu bersihkan apa bila masih ada msalah ganti saja busi dengan yang baru, apabila ganti busi gantilah dengan tipe yang lebih dingin misalnya NGK7 diganti angkanya 8 atau 9 hal ini karen busi dingin lebih tahan.

4. Mengecek Karburator (Spuyer)

Masalah berebet juga bisa disebabkan oleh karburator yang rusak, biasanya disebabkan pada pelampung dan needle valve jika kedua komponen ini rusak maka akan terjadi bahan bakar banjir dan bisa membuat busi basah. Dan bersihkan juga spuyer menjet maupun pilotjetnya siapa tau lubang-lubangnya tertutup kotoran akibatnya motor akan brebet, bisa juga bahan bakar pada motor sampeyan kemasukan air jika hal tersebut terjadi cobalah untuk membuang beberapa bahan bakar hingga kandungan airnya habis, masalah ini terjadi saat motor di cuci atau motor kehujanan.

5. Tangki Kotor

Masalah yang terjadi karena pengendara sering mengisi bahan bakar secara eceran atau di SPBU karena biasanya penjual eceran menjual bahan bakar yang kurang bagus dan menyebabkan tangki motor dapat menimbulkan kerak dan dapat menyumbat bahan bakar yang akan disalurkan ke karburator.

6. Filter Udara Kotor

Hal demikian ini bisa terjadi karena kurangnya perawatan pemilik kendaraan, karena filter udara yang kotor akan menyumbat saluran pembuangan pada karburator dan menyebabkan motor menjadi brebet.

7. Filter Bensin

Fungsi saringan bensin sendiri untuk menghalangi beragam kotoran dari tangki ke bak karburator, namun demi kejar tempilan, sosok filter bensin kini mulai berdandan. Mau bukti, lihat saja ada produk variasi filter bensin yang memakai tabung kaca dan panel krom mengkilap.

Bahkan ada juga yang pakai bahan aluminium tertutup sampai generik tanpa merek dan bahan plastik warna-warni, karena banyak pilihan wajar kalau konsumen bingung pilih yang part yang tepat buat tunggangannya. Agar tidak kepincut, coba dites gampang kok, lihat dulu aliran bensin dari keran tanpa filter, pastikan debitnya, lalu pasang penyaring BBM, kucuran bensin harus deras, kalau keluar dikit-dikit, mending pilih filter bawaan motor alias standar.

8. Setelah Klep Tidak Sesuai

Untuk menjaga kondisi semua komponen mesin menjadi kewajiban supaya terhindar dari brebet. Nah salah satu komponen yang sangat berpengaruh ialah klep atau valve. Apabila setelan klep terlalu rapat atau terlalu longgar maka akan mempengaruhi jumlah gas yang masuk ke ruang pembakaran mesin.

Baca Juga  √ 4 Penyebab + Solusi Motor Brebet Saat Hujan

Hal demikian berakibat terhadap pencampuran bahan bakar, udara dan pengapian menjadi tidak sempurna yang apabila dibiarkan maka akan membuat motor menjadi brebet. Penyebab motor brebet diatas harus segera ditangani agar nantinya tidak menjalar ke komponen mesin lainnya. Solusinya ialah dengan melakukan perbaikan dengan setelan klep yang sesuai dengan ukurannya in dan ex nya.

9. Masalah Di Putaran Stasioner

Putaran stasioner akan sangat berpengaruh terhadap tarikan gas. Apabila pengaturan putaran stasioner dibawah standar, maka nantinya membuat tarikan gas menjadi tidak stabil dan menyebabkan motor mengalami brebet. Untuk solusinya dengan mengatur ulang putaran stasioner dengan menggunakan alat penyetelan stasioner mesin, agar hasil yang didapat maksimal.

10. Kerusakan Pada Sensor Injeksi

Sensor injeksi atau injektor memiliki fungsi utama untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang pembakaran. Jadi apabila injektor mengalami kerusakan, maka pembakaran menjadi terganggu. Biasanya kerusakan injektor disebabkan oleh pemakaian bahan bakar yang kurang sesuai dengan rasio kompresi mesin yang secara tidak langsung mempengaruhi kualitas semprotan bahan bakar, sehingga tarikan motor menjadi brebet.

Solusi penyebab motor brebet diatas ialah dengan cara membersihkan injektor menggunakan cairan khusus pembersih injektor yang dapat dibeli di toko aksesoris sepeda motor. Namun jika lubang injektor sudah terlalu kotor, maka kalian dapat membersihkannya dengan menggunakan sikat. Selain itu jangan lupa menggunakan bahan bakar yang nilai oktannya sesuai dengan yang ditetapkan pabrikan.

11. Air Yang Masuk Ke Tangki

Selain penyebab motor brebet diatas, masih ada beberapa penyebab lainnya, salah satunya ialah masalah yang disebabkan oleh air yang masuk ke dalam tangki bahan bakar. Air yang tercampur dengan bensin akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran menjadi sedikit sehingga pembakaran tidak berlangsung secara sempurna.

Untuk mengatasi masalah motor brebet tersebut, ada baiknya menguras semua isi tangki agar natinya tidak ada air yang tercampur dengan bahan bakar.

12. Gunakanlah BBM Sesuai

Cara yang bisa menjadi acuan penggunaan BBM oktan yang akan digunakan adalah dengan mencoba mencari tahu berapa perbandingan kompresi mesin kendaraan. Awalnya bisa dicoba menggunakan oktan BBM sesuai.

Setelah itu bisa dicoba menggunakan oktan yang sedikit lebih rendah secara bertahap dengan berpatokan bahwa saat mesin sudah panas tidak ada suara ‘ngelitik’ atau knocking dan tidak terdengar suara yang aneh-aneh dari mesin, artinya suara mesin tetap halus. Untuk diingat bila campuran bensin dan udara terbakar sempurna dalam ruang mesin praktis menghasilkan tenaga yang maksimal.

Baca Juga  √ 6 Cara Membuat Karbu Vakum Lebih Responsif,,, Yuk Simak

13. Rajin Bersihkan Motor Dari Debu Atau Ketika Terkena Hujan

Debu atau ketika terkena hujan menjadi salah satu faktor, maka oleh karena itu, kamu perlu rajin membersihkan debu yang ada pada motor. Hanya saja, proses pembersihan debu juga harus dilakukan secara tepat.

14. Jaga Kebersihan Kendaraan Motor

Motor yang terparkir di rumah juga tidak menjamin dapat terhindar dari kotoran. Bahkan kadang malah sebaliknya, memarkir kendaraan dalam waktu yang lama akan membuat debu-debu menempel makin banyak.

Jika motor yang diparkir kerap terkena air hujan, maka akan membuat beberapa bagian motor berkarat. Garam yang terkandung dalam air hujan dapat menyebabkan korosi. Untuk itu kalian perlu tahu bagaimana menjaga motor kalian tetap bersih.

15. Service Secara Teratur Di Semua Bagian

Sepeda motor ialah kendaraan yang terbilang murah dibandingkan dengan kendaraan mobil. Akan tetapi, memiliki sepeda bermotor bisa menjadi mahal apabila tidak rutin melakukan perawatan. Nah untuk itulah mengapa servis motor secara teratur sangat diperlukan bagi pengendara motor.

16. Pastikan Bahan Bakar Yang Digunakan Memiliki Ron Sesuai

Setelah melakukan treatmen tersebut pastikan bahan bakar yang digunakan memiliki RON sesuai yang di tentukan oleh pabrikan.

Tips Merawat Motor Agar Tidak Brebet

Nah setelah mengetahui penyebab motor brebet diatas, maka paling tidak kalian bisa mencegah hal demikian tidak terjadi. Bisa dikatakan solusi penyebab motor brebet ialah melakukan service rutin untuk mengecek seluruh komponen mesih agar kondisinya tetap terjaga dan bisa bekerja optimal dalam mengoptimalkan sistem pembakaran ataupun sistem pengapian yang sangat berpengaruh terhadap tarikan gas motor.

Dan saat service rutin, dipastikan kalian membersihkan filter udara dan filter bensin supaya bebas dari kotoran. Selain itu jangan lupa dengan memakai bahan bakar yang nilai oktannya sesuai standar pabrikan.

Kondisi busi juga kalian harus selalu dijaga dan disarankan untuk memakai busi yang sesuai dengan spesifikasi motor. Kemudian tips selanjutnya untuk mencegah penyebab motor brebet ialah dengan menjaga jangan sampai ada air yang masuk ke tangki bensin.

Dengan demikian sepeda motor yang selalu terawat pasti akan terhindar dari mesin brebet saat digas pada rpm tinggi ataupun rpm rendah. Namun tidak semua orang memperhatikan kondisi motor miliknya, sehingga membiarkannya tidak terurus sampai nantinya menjadi brebet.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebab Motor Brebet semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂