4 Komponen Mesin Ini, Yang Sering Bermasalah Pada Sepeda Motor

Posted on

4 Komponen Mesin Bermasalah Pada Sepeda Motor – Kendaraan pribadi seperti mobil dan motor sangat membantu masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mobilitas. Bagi Anda pengguna sepeda motor, tak ada salahnya mengenal cara kerja mesin yang mendukung kegiatan sehari-hari Anda.

Motor sendiri terbagi menjadi dua varian, yaitu 2 tak dan 4 tak. Tentunya, pasti bertanya-tanya bagaimana kendaraan tersebut bekerja untuk memanjakan masyarakat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara kerja motor 4 tak.

Motor sendiri terbagi menjadi dua varian, yaitu 2 tak dan 4 tak. Tentunya, Otolovers pasti bertanya-tanya bagaimana kendaraan tersebut bekerja untuk memanjakan masyarakat. Dilansir dari berbagai sumber, berikut cara kerja motor 4 tak.

Cara Kerja Motor 4 Tak

  1. Cara kerja pertama adalah ketika katup inlet terbuka dan pergerakan piston dimulai dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB). Kondisi ini mengakibatkan tekanan pada ruangan pembakaran menjadi vakum yang menyebabkan udara masuk ke dalam ruang pembakaran.
  2. Kemudian di tahap kedua ini, saat katup inlet tertutup dan menyebabkan langkah kompresi, lalu piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Dalam tahapan ini membuat bahan bakar dan campuran udara dibekukan. Akibatnya temperatur meningkat karena adanya tekanan yang melonjak.
  3. Tahapan ketiga adalah langkah yang terjadi setelah busi memancing api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar sehingga memunculkan adanya ledakan di ruang bakar. Kejadian ini menyebabkan piston bergerak dari titik mati atas (TMA) menuju titik mati bawah (TMB).
  4. Cara kerja terakhir adalah tahap pembuangan, yang terjadi saat katup outlet terbuka dan piston bergerak dari titik mati bawah (TMB) menuju titik mati atas (TMA). Kondisi ini akan menyebabkan gas hasil pembakaran dibuang melewati katup outlet menuju saluran exhaust.

Bila saat sepeda motor yang telah yang lama maupun belum cukup lama saat digunakan pastinya banyak masalah yang timbul atau sudah rewel karena kondisi motor yang kemungkinan jarang dirawat.

Hal tersebut pastinya ada penyebabnya karena satu atau lebih komponen mesin yang telah bermasalah, walaupun anda tidak membenahinya sendiri tetapi anda wajib tahu beberapa komponen mesin yang sering bermasalah sehingga anda tidak mudah di kibulin atau dibodohin oleh bengkel nakal yang membuat biaya perbaikan motor anda membengkak.

4 Komponen Mesin Bermasalah Pada Sepeda Motor

Berikut ini adalah beberapa komponen mesin yang kerapa menjadi penyebab mesin sering mengalami masalah pada sepeda motor tersebut :

Busi

Busi yang aus pastinya akan terlihat dari bentuk kepala busi tersebut yang sudah rusak atau jarak kerenggangan yang terlalu lebar, apabila busi tersebut telah rusak lebih baik ganti dengan yang baru dan kalau kerenggangan jauh setel jarak kerengganga yaitu 0,6 -0,7 mm menggunakan alat thickness gauge.

Filter Udara

Komponen tersebut difungsikan untuk menyaring udara apabila udara tersebut bercampur dengan udara agar tidak kebawa atau masuk ke dalam karburator agar saat pencampuran bahan bakar udara dapat sempurna, cara mengatasinya apabila terkena debu atau kotoran pada filter udara tersebut cukup dibersihkan menggunakan aqngin dari kompresor atau komponen tersebut sudah mengalami rusak lebih baik ganti dengan yang baru.

Saluran Bensin

Pada komponen tersebut cara kerjanya yaitu atas dasar kevacuman yang diciptakan oleh mesin itu sendiri, yang artinya jika mesin dihidupkan tekanan negative ( vacuum ) akan terjadi pada saluran pemasukan bahan bakar, tekanan negative tersebut berpengaruh pada membran / diafragma pada kran bensin dan tekanan ini mampu untuk mengisap membran yang berpegas.

Dan akhirnya akan membuka saluran bensin untuk dialirkan ke dalam karburator. Apabila komponen tersebut rusak otomatis bensin ngucur terus ke dalam karbu hal tersebut dapat mengakibatkan banjir pada karburator, untuk mengatasinya ganti dengan yang baru atau ganti dengan kran manual.

Karburator

Suatu alat yang difungsikan untuk bercampurnya bahan bakar dan udara yang dibutuhkan oleh mesin, komponen tersebut yang sering bermasalah pada mesin penyebabnya apabila ada kotoran atau kemasukan air otomatis menyebabkan motor bermasalah cara mngatasinya bongkar dan bersihkan komponen tersebut.

4 Komponen Mesin Ini, Yang Sering Bermasalah Pada Sepeda Motor

Pada saat servis hal 4 tersebut dasar saat pemeriksaan dan perbaikan saat kondisi mesin sering bermasalah maka dari itu saat servis bagian-bagian tersebut yang sering dicek dan selalu diperiksa awalnya.

Demikianlah pembahasan mengenai 4 Komponen Mesin Bermasalah Pada Sepeda Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut bisa berguna dan bermanfaat bagi anda semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂