√ Penyebaran Virus Corona ?? Inilah 3 Cara Cegahnya Di Transportasi Umum,, Yuk Simak

Posted on

Cara Cegah Penyebaran Virus Corona Di Transportasi Umum – Dalam hal ini penyebaran virus corona sendiri telah menyerang di berbagai negara dan telah menelan korban jiwa. Manusia yang terjangkit virus tersebut akan menunjukkan tanda-tanda penyakit infeksi saluran pernapasan mulai dari flu sampai yang lebih serius, seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) atau sindrom pernapasan akut berat.

Penyebaran Virus Corona ?? Inilah 3 Cara Cegahnya Di Transportasi Umum,, Yuk Simak

Wabah virus corona yang masuk ke Indonesia itu setidaknya harus kalian tanggapi dengan bijak. Karena cara cegah penyebaran coronavirus ternyata tidaklah sulit, untuk diterapkan sehari-hari. Lalu seperti apa sebenarnya langkah cegah penyebaran coronavirus, khususnya di transportasi umum ?? berikut ulasan selengkapnya.

Cara Cegah Penyebaran Virus Corona Di Transportasi Umum

Nah berikut sejumlah cara yang mungkin bisa kalian lakukan untuk cegah penyebaran virus corona di transportasi umum diantaranya yaitu:

Dipastikan Mencuci Tangan Dengan Benar

Dengan mencuci tangan dengan benar, setidaknya menjadi cara paling sederhana dan efektif untuk dapat mencegah penyebaran virus corona. Cucilah tangan dengan air mengalir dan sabun.

Dan setidaknya selama 20 detik, dan pastikan seluruh bagian tangan tercuci hingga bersih, termasuk penggung tangan, pergelangan tanga, sela-sela jari dan kuku.

Bila kalian tidak menemukan air dan sabun, mungkin bisa membersihkan tangan dengan hand sanitizer dengan kandungan alkohol minimal 60% agar lebih efektif membasmi kuman. Cara yang disebut terakhir ini paling cocok untuk kalian terapkan sebelum dan sesudah naik transportasi umum.

Baca Juga :  Inilah Motor Honda Scoopy "Kelebihan Dan Kekurangan"

Menggunakan Masker Ketika Beraktivitas

Gunakan masker ketika kalian beraktivitas sehari-hari, termasuk saat naik transportasi umum. Ada dua tipe masker yang bisa kalian gunakan untuk mencegah penularan virus corona yakni masker bedah dan masker N95.

Masker bedah atau surgical mask merupakan masker sekali pakai yang umum digunakan. Masker ini mudah ditemukan dan harganya pun terjangkau dan nyaman dipakai, sehingga banyak orang yang menggunakan masker ini pada saat beraktivitas sehari-hari.

Dan sementara untuk masker bedah, cara menggunakannya sisi berwarna pada masker harus menghadap ke luar, sementara sisi dalamnya yang berwarna putih menghadap wajah dan menutupi dagu, hidung dan mulut. Sisi berwarna putih terbuat dari material yang dapat menyerap kotoran dan menyaring kuman dari udara.

Sejumlah masker itu juga bisa kalian gunakan ketika berkendar, baik menggunakan motor maupun mobil. Meski tidak sepenuhnya efektif mencegah paparan kuman, namun penggunaan masker ini tetap bisa menurunkan risiko penyebaran penyakit infeksi termasuk infeksi virus corona.

Sedangkan masker N95 ialah jenis masker yang dirancang khusus untuk menyaring partikel berbahaya di udara. Jenis masker inilah yang sebenarnya lebih direkomendasikan untuk mencegah infeksi virus corona. Meski demikian masker ini kurang nyaman untuk dikenakan sehari-sehari dan harganya pun relatif mahal.

Nah yang perlu kalian ketahui juga setelah melepas masker cucilah tangan dengan sabun atau hand sanitizer agar tangan bersih dari kuman yang menempel.

Dengan Menjaga Daya Tahan Tubuh

Jika daya tahan tubuh kalian dalam kondisi yang baik, tentunya dapat mencegah munculnya berbagai macam penyakit saat berada di transportasi umum. Untuk itu, kalian disarankan untuk mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan dan makanan berprotein tinggi seperti telur, ikan dan daging tanpa lemak.

Baca Juga :  √ [Wajib Baca] 4 Tips Berkendara Aman Pada Saat Membonceng Anak Anda

Dan kalian pun perlu untuk rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok dan tidak mengkonsumsi minuman beralkohol agar kondisi daya tahan tubuh dalam kondisi yang prima.

Well, jika kalian mengalami gejala flu, seperti batuk, demam dan pilek yang disertai lemas dan sesak napas, segeralah memeriksakan diri kalian ke dokter, agar dapat dipastikan penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat.

Demikianlah pembahasan mengenai Penyebaran Virus Corona ?? Inilah 3 Cara Cegahnya Di Transportasi Umum,, Yuk Simak semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua,, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂