Cara Hitung CC Motor

Posted on

Cara Hitung CC Motor – Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai bagaimana cara menghitung CC motor, nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak pemaparan selengkapnya dibawah ini. Sepeda motor ialah kendaraan beroda dua yang dimana digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik.

Dan sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor tergantung pada pengaturan setang oleh sih pengendara. Dalam penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta biaya operasionalnya cukup murah atau hemat.

Cara Hitung CC Motor Dengan Benar

Nah dalam sebuah kendaraan seperti sepeda motor ini memiliki kapasitas mesin. Yang dimana kapasitas mesin merupakan volume dari semua piston di dalam silinder mesin pembakaran dalam, yang diukur dari satu pergerakan maksimum dari atas ke bawah.

Dan biasanya dinyatakan dengan menggunakan satuan sentimeter kubik “cc”, liter “I” atau inchi kubik “CID” di pasar Amerika Utara. Kapasitas mesin tidak termasuk dengan total volume dari ruang pembakaran.

Maka begitu yang mengetahui kapasitas atau seluk-beluk mesin ialah pada mekanik atau teknisi. Namun sebenarnya dalam menghitung kapasitas mesin itu terbilang cukup mudah, terdapat rumus pasti untuk menghitungnya.

Nah bagi pengguna kendaraan sepeda motor pasti sudah mengetahui dengan yang namanya cc bukan..?? Dalam hal ini CC merupakan kepanjangan dari Centimeter Cubic, didalam dunia Otomotif, hal ini tentu saja yang dinamakan dengan volume di ruang bakar dari masing-masing sepeda motor tersebut pasti berbeda-beda. Karena itu supaya kalian mengetahui besaran volume yang terdapat di ruang bakar tersebut.

Baca Juga :  Perhatikan ?? Inilah,, Penyebab & Ciri-Ciri Pen Piston Rusak

Baik itu di silinder maupun piston, maka yang perlu dilakukan ialah dengan cara menghitung CC “Centimeter Cubic” pada sepeda motor kalian terlebih dahulu. Nah berikut ini langkah-langkah yang perlu kalian lakukan sebagai berikut.

Untuk langkah yang pertama untuk menghitung CC mesin ialah dengan menghitung terlebih dahulu berapa diameter piston tersebut. Langkah selanjutnya perlu diketahui juga ukuran panjang stroke ataupun lengan ayunan pada mesin tersebut.

Dalam hal ini kalian tidak usah pusing cara bagaimana menghitung kapasitas silinder mesin motor yang sudah dioprek atau di bore up. Terdapat cara yang mudah bagaimana menghitung kapasitas silinder mesin, dapat dihitung dengan menggunakan sebuah rumus. Hanya tinggal mencari tahu berapa diameter piston “bore” serta panjang langkah stang seher “stroke” jika keduanya sudah diketahui tinggal menghitungnya dengan menggunakan rumus.

Cara Hitung CC Motor

Adapun rumus untuk menghitung kapasitas silinder mesin yang umumnya dipakai sebagai berikut:

П/4 X (DXD) X L

Keterangan:

  • П = Rumus absolute sebuah lingkaran “3,14”
  • D = Diameter silinder atau piston
  • L = Panjang langkah piston atau stroke

Kalau kalian bingung menggunakan rumus diatas ada cara paling gampangnya untuk menghitung cc motor yakni dengan rumus 0,785 X Bore x Bore x Stroke. Maka hasilnya akan sama dengan rumus diatas. 0,785 merupakan hasil dari 3,14 : 4 dari rumus diatas. Rumus ini supaya lebih mudah untuk dapat diingat saja.

Untuk cara menghitung CC motor bisa dicoba dengan sebuah contoh, misalnya pada Yamaha Mio J yang punya diameter piston standar 50 mm dengan stroke 57,9 mm. Kalian dapat melakukan bore up menggunakan piston yang berdiameter 58 mm, jadi berapa kapisitas mesin motor Mio J tersebut setelah di bore-up…??? Jawabannya ialah sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Menghitung Cc Motor Bore Up Dan Stroke Up

Rumus Hitung CC Motor

0,785 X Bore X Bore X Stroke

Diketahui diameter piston (Bore) Mio J setelah di bore up 58 mm. Panjang langkah piston “Stroke” tetap 57,9 mm. Jadi bisa dihitung dengan rumus yaitu:

0,785 X 58 mm X 58 mm X 57,9 mm = 152898,8 mm.

Dan untuk menghasilkan hitungan CC, hasil tersebut tinggal bagi 1.000, jadi 152898,8 mm : 1000 maka hasilnya yaitu 152,8 cc. Nah mudah bukan,,, tinggal geser koma ke arah kiri sebanyak tiga kali.

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Hitung CC Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂