Cara Mengganti Seal Gear Depan Pada Motor

Posted on

Cara Mengganti Seal Gear Depan Pada Motor – Bagi pencinta otomotif, untuk hal ini pastinya kalian sudah tidak asing lagi mendengar kata seal bukan…??, lalu tahukah kalian mengenai seal itu apa dan bagaimana fungsinya untuk apa..?? bagi pencinta otomotif pastinya udah tau apa itu seal, nah bagi yang belum mengetahui seal itu simak uraian dibawah ini.

Seal sendiri merupakan karet yang dimana untuk menahan oli, bila seal tersebut bocor maka akan dapat berpengaruh pada bagian komponen mesin yang terendam oleh oli atau komponen yang mencegai kotoran, debu, fluida dan marterial lain supaya tidak dapat masuk kedalam sistem “komponen”.

Nah agar memperhalus dalam pengoperasian dan mengurangi keausan, hampir semua gear dan bearing diperlukan pelumasan yang terus menerus, maka supaya menjaga pelumas yang berada di sekeliling komponen-komponen yang bergerak dan untuk menjaga cairan pelumas tersebut jangan sampai keluar serta menjaga agar kotoran dan debu jangan sampai masuk ke sistem maka diperlukan dengan adanya seal.

Fungsi Seal

Adapun untuk fungsi seal sendiri yaitu:

  • Untuk menjaga kebocoran pelumas “lubrikasi”.
  • Menjaga kotoran dan material lain masuk ke sistem.
  • Memberikan batasan cairan agar tidak tercampur.
  • Lebih fleksibel terhadap komponen yang bergerak dan tidak bocor.
  • Melapisi permukaan yang tidak rata.
  • Menjaha komponen agar tidak cepat rusak.

Jenis Seal

Adapun seal sendiri dibedakan menjadi dua jenis yakni Static Seal dan Dynamic Seal yaitu:

Static Seal

Static seal biasanya dipakai untuk permukaan yang tidak ada gerakan pada dua permukaan yang dilapisi. Yang termasuk Static seal ialah O-ring seal, gasket dan liquid gasket.

Dynamic Seal

Dynamic seal digunakan pada komponen yang terdapat bergerak antara permukaan satu dengan yang lainnya. Sedangkan yang termasuk Dynamic seal ialah: O-ring seals, Lip seals, Duo Cone seals dan packing rings.

Cara Mengganti Atau Memperbaiki Seal Gear Depan Pada Motor

Dalam hal bagi pengguna sepeda motor yang mengalami kebocoran atau rembesan oli distandar samping, memang sering terlihat basah hal ini karena adanya rembesan oli. Hal demikian rembesan oli berasal dari rantai, tapi hal ini tidak pernah melumasi rantai dengan memakai oli tapi dengan chainlube. Nah berikut ini misalnya pada motor pulsar series hal-hal kenapa oli menjadi rembes dan cara memperbaikinya simak dibawah ini :

  • Begitu setelah dicek dibongkar dan setelah dibongkar maka terlihat seperti demikian ini.
  • Dan ini ternyata yang menjadi tersangka rembesan oli tampak terlihat dari atas.
  • Ini seal originalnya.
  • Bila kalian mengganti sendiri dapat juga diganti dengan seal yang spesifikasinya yang sama, punya binter GTO atau Nok seal dengan memiliki kode TC 25378, seperti gambar ini.
  • Untuk harga nok seal tersebut berkisaran yakni Rp. 3.500 per pc-nya, murah bukan.
  • Dan jangan lupa untuk mengganti O-ringnya seperti gambar berikut ini.
  • O-ring yang ada dipasaran biasanya lebih tebal dari standar pulsar, harga kisarab Rp. 2.000 ketika memakai O-ring yang lebih tebal ini, pemasangan bushing agak seret perlu digetok dengan palu dengan dilandasi kayu agar tidak merusak bushingnya secara perlahan.
  • Untuk yang mengalami rembesan pada seal perseneling, seperti berikut ini.
  • Sealnya Nok seal TC 12229, harganya sekitar Rp. 2.500 per pcnya, atau bisa menggunakan milik Suzuki Smash, dan untuk harganya sendiri berkisaran Rp. 5.000, nah seperti berikut ini.
  • Dan untuk tahap terakhir setelah selesai dipasang, maka jangan lupa sisa lelehan oli di cuci dengan menggunakan bensin dan kuas.
Baca Juga :  Biaya Duplikat Kunci Motor Mulai 10 Ribuan

Demikianlah pembahasan mengenai Cara Mengganti Seal Gear Depan Pada Motor semoga dengan adanya ulasan tersebut dapat berguna dan bermanfaat bagi kalian semua, terima kasih banyak atas kunjungannya. 🙂 🙂 🙂